Karena Kentut, Terancam Punah

 

Tuding Kentut Unta Perparah Pemanasan Global, Australia Rencanakan Pembasmian
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -Perhimpunan ilmuwan tentang unta di dunia, Senin (4/7), dengan gusar menyerang balik rencana Australia untuk membunuh unta liar. Alasan Astralia "gas di dalam perut hewan itu menambah parah pemanasan global".

Gagasan tersebut "palsu dan dungu ... penyimpangan ilmu pengetahuan, demikian serang International Society of Camelid Research and Development (ISOCARD), sebagaimana dilaporkan AFP --yang dipantau ANTARA di Jakarta, Selasa.

Kelompok ilmuwan itu mengatakan unta dijadikan "kambing hitam" untuk masalah yang dibuat manusia. "Kami percaya orang yang berhati baik dan rakyat Australia, yang berinovasi, dapat menyampaikan penyelesaian yang lebih baik dan lebih cerdas ketimbang memusnahkan unta dengan cara yang tak manusiawi," katanya.

Saran untuk membunuh unta dilontarkan di dalam dokumen yang dibagikan oleh Department of Climate Change and Energy Efficiency di Australia, sebagai bagian dari konsultasi untuk mengurangi cetak biru karbon di negeri tersebut.

Rancangan itu adalah gagasan dari satu perusahaan komersial yang berpusat di Adelaide, Northwest Carbon, konsultasi manajemen hewan dan lahan, yang mengusulkan untuk mendera unta liar sebagai imbalan bagi kredit karbon.

Unta didatangkan ke Outback pada Abad XIX guna membantu pemukim awal menangani kondisi kering dan panas. Sekarang jumlah hewan itu adalah 1,2 juta ekor dan sebagian orang mengatakan, "menjadi wabah" karena kerusakan yang ditimbulkannya pada sayur-mayur dan gas perut mereka.

Setiap unta, menurut pelopor pemilahan, sama dengan satu ton karbon dioksida (CO2), gas utama penyebab pemanasan global, setiap tahun.

Northwest Carbon menyatakan organisasi tersebut akan menembak unta dari helikopter atau mengumpulkan hewan itu sebelum mengirim binatang tersebut ke rumah jagal untuk dikonsumsi oleh manusia atau hewan peliharaan.

Tapi ISOCARD, perhimpunan dengan lebih dari 300 peneliti yang bermarkas di al Ain University di Uni Emirat Arab (UAE), menyatakan perhitungan itu tak masuk akal.

"Perkiraan tentang buangan methana oleh unta dilandasi atas perhitungan data ternak," kata ISOCARD di dalam satu siaran pers.

"Efisiensi metabolis dari unta jauh lebih tinggi dibandingkan yang dihasilkan ternak lain ... unta dapat menghasilkan susu 20 persen lebih banyak dengan mengkonsumsi makanan 20 persen lebih sedikit. Hewan tersebut memiliki sistem pencernaan berbeda dan lebih efisien dalam pemanfaatan bahan kasar yang berkualitas rendah," kata organisasi ilmuwan tersebut.

Selain itu, flora bakteri usus unta berarti pencernaan hewan itu lebih dekat dengan hewan monogasterik, seperti babi, dan bukan seperti lembu atau kambing, kata ISOCARD.

"Oleh karena itu, perkiraan mengenai buangan gas methana unta sangat bisa diperdebatkan, seperti juga perkiraan populasi unta liar," katanya.

Semua 28 juta unta di dunia adalah kurang dari satu persen dari biomassa pemakan sayur-mayur, dan buangan gas hewan tersebut hanyalah sekelumit gas yang dikeluarkan oleh hewan ternak, kata ISOCARD.

"Unta liar mesti dipandang sebagai sumber yang tak bisa dibandingkan di lingkungan hidup yang kering," kata organisasi itu. "Hewan tersebut dapat dan mesti dieksploitasi sebagai bahan pangan (daing dan susu), kulit, daya tarik pariwisata dan lain-lain," katanya.

Australia sangat bergantung atas energi yang dihasilkan oleh batu-bara dan ekpor hasil tambang dan memiliki salah satu tingkat karbon per kapita paling tinggi di dunia.

Pemerintah Australia berencana mengenakan pajak atas 1.000 pencemar terbesar di negeri itu dalam buangan karbon mulai pertengahan 2012.
Redaktur: Ajeng Ritzki Pitakasari
Sumber: Antara
Karena Kentut, Terancam Punah 4.5 5 Ahmad Faisal Tuding Kentut Unta Perparah Pemanasan Global, Australia Rencanakan Pembasmian REPUBLIKA.CO.ID , JAKARTA -Perhimpunan ilmuwan tentang ...


6 komentar:

  1. He..he ada2 aj mentang2 onta kada bisa membela diri disalah2kan : mirip dengan peladang kecil yg selalu disalahkan sbg penyebab gundulnya ... gundul.

    BalasHapus
  2. urang aus talalu "pintar"..haaa1000x

    BalasHapus
  3. pesannya: hati-hati kentut di australia

    BalasHapus
  4. tambahan, hati hati jua di dalam mobil, lebih lebih ber AC. Global tupang

    BalasHapus
  5. kada jadi-am kawan handak nukar mobil

    BalasHapus
  6. mukar unta aja hfa ai

    BalasHapus

Mohon komentarnya dengan bahasa yang sopan, terima kasih atas kunjungannya.