lestari alamku lestari hidupku

DUKUH  LESTARI MANFAAT
Adalah sebuah lokasi atau areal atau lahan pertanian dalam arti luas dan heterogen tanamannya. Dukuh menggambarkan keanegaragaman jenis tanaman buah-buahan. Dengan lebih sederhana maka dukuh adalah kebun campuran yang biasanya terletak agak jauh dari kawasan pemukiman.
Pada kenyataannya sebutan kebunpun agak berlebihan. Dukuh ini lebih dekat kepada hutan kebun campuran. Ini tergambarkan jelas ketika kita hanya akan memperhatikan dukuh ini saat musim buah. Sisa waktu dimana buah dari beragam jenis ini habis maka akan dibiarkan "sabat" lalu menjadi "tagah" dan tingkat terakhir berhutan.
Urutan akhir musim buah ditandai dengan kehadiran buah Rambai. Sedangkan awalnya bisa kelompok Mangga (Kasturi agak belakangan), lalu rambutan, kapul, durian, langsat dan Ketapi. Langsat dan manggis berbuah dengan masa panen lumayan panjang. Sedangkan Tiwadak dan Ramania biasanya muncul justeru ditengah tengah banjir buah lainnya.
Pampakin dan Lahung (keluarga durian)sering panen raya tidak setiap tahun meskipun berbuah tapi tidak terlalu banyak. Beruntungnya tiap kawasan yang biasanya ditandai dengan daerah aliran sungai tahun panen raya tidak bersamaan-maka kita tetap dapat meniukmatinya setiap tahun.
Dukuh sebagai kebun campuran lebih dekat pada kebun berhutan campuran ini dilengkapi dengan pondok kerja. Biasanya juga dibuat dekat mata air. Syukurnya sebagian musim buah adalah saat musim hujan sehingga pondok kerja ini dapat ditempati sambil menjaga buah.
Lalu ada apa dengan buah Tarap dan Kalangkala? Kedua buah ini juga hadir bersamaan dengan buah lainnya tapi bukan dimakan seperti buah lainnya.

7 komentar:

  1. Sebagian sengaja di tanam dan sebagian lainnya...? tumbuh sorongannya kah?!

    BalasHapus
  2. adakah ini pertanda akan adanya undangan pesta kebun (lagi)?

    BalasHapus
  3. Iya to Er'ai..cagar ada undangan pesta kebun to..(sssttttt)

    BalasHapus
  4. yang tidak ditanam maka artinya dibiarkan tumbuh berkembang.
    pesta kebun? wah itu sangat ditunggu tungu. Menunya Masak Bambu.

    BalasHapus
  5. kaya apa menu pesta rakyat di kebun kita sajikan iwak tarap dan gangan kalangkala?

    BalasHapus
  6. itu ngarannya istimewa, mudahan kesampaian

    BalasHapus
  7. tambahi iwak karing..atau pakasam pa lah..

    BalasHapus

Mohon komentarnya dengan bahasa yang sopan, terima kasih atas kunjungannya.