Saat Sadu Tersigung

 

Saat Sadu Tersigung Teledu
 Tampilan nan Jelita,  Bukan?
Sadu alias saat alias sigung alias Teledu alias Senggung
Tulisan ini kami persembahkan kepada saudaraku SUDAR, sang penakltuk yang takluk. SUDAR adalah penghuni AW1 asal Jawa (Tengah/Timur) yang pada zamannya kuliah di Fakultas Perikanan Unlam. Beliau lah satu satunya penghuni (baca anggota dan cadel) AW1 yang telah berhasil menggendong Saat atau Sadu si Senggung atau Sigung atau Teledu.
Keberhasilan menggendong Teledu tidak sama dengan keberhasilan menghilangkan pemakaian "senjata" andalannya berupa Gas Buang yang dikenal juga dengan Kentut.
Maka "Kapal Selam" pun tenggelam dalam lautan Bau Super dari sang Sadu.
Kentut adalah mekanisme internal dari proses pencernaan hewan yang menghasilkan Gas Buang. Untuk kerennya disebut saja Flatulensi;  adalah keluarnya gas melalui anus atau dubur akibat akumulasi gas di dalam perut (terutama dari usus besar atau kolon). Peristiwa keluarnya gas disebut juga kentut atau sering disebut juga buang angin (Wikipedia)
Budaya local di Kalimantan (Selatan – Benua 6 Pahuluan) untuk mengurangi Bau Super Busuk dan Tahan Lama dari Flatulensi Sadu adalah dengan sesegera mungkin membakar Kain disekitar daerah tercemar. Beberapa arahan malah membakar pelepah pinang. Metode ini dapat dibenarkan karena Gas Buang ini berupa gas yang mudah terbakar dan dengan sendirinya mengubah komposisi kimiawi. Sehingga mudah terurai baik dalam urusan bau maupun daya lengketnya.
Urusan daya lengket bau super ini kami pernah melintas pada kawasan tercemar di seputaran Tamiyang Layang Kalimantan Tengah dan tetap tercium sampai Martapura Kalimantan Selatan
Daya Baud an Daya Tahan Bau Flatulensi Saat bila dibiarkan bisa bertahan berhari hari. Bahkan bila yang terdampak adalah pakaian, maka sebaiknya dibuang saja. Dadah Bau -- dadah Baju- goodby Tapih and Selawar too.
Oh ya nama Latin dari makhluk istimewa ini adalah Mydaus javanensis  Inggerisnya Malayan bedger
Saat Sadu Tersigung 4.5 5 Ahmad Faisal Saat Sadu Tersigung Teledu  Tampilan nan Jelita,  Bukan? Sadu alias saat alias sigung alias Teledu alias Senggung Tulisan ini...


9 komentar:

  1. Gubang sako..ialah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar bos, Gubang, dimana SUDAR leh?

      Hapus
    2. Haaaaaaaa..."UNTUNG" sudar kada dikantutinya...haaaaaa

      Hapus
  2. Balasan
    1. Bukan, nang satu ini bisa bikin gawi

      Hapus
  3. info yg bermanfaat,

    kunjungi sanak lah: http://bekantanman.blogspot.com/2014/08/foto-bayi-hewan-yang-sangat-lucu.html

    BalasHapus

Mohon komentarnya dengan bahasa yang sopan, terima kasih atas kunjungannya.