Hewan Pekerja (Series) 2, Angsa

 

Definisi hewan pekerja adalah hewan yang dimanfaatkan oleh manusia karena kemampuan alamiahnya atau akibat oleh pelatihan. Pengertian ini membatasi hewan yang rajin bekerja tapi untuk dirinya sendiri. Karena kelebihnnya ini hewan tersebut kemudian menjadi sahabat bahkan anggota keluarga dari manusia yang mengambil manfaat dari keberadaannya.

ANGSA
Hewan ini adalah keluarga burung. Dalam keluarga besarnya Angsa adalah berukuran besar dan hidup di darat, bukan di pohon. Selain ukurannya yang besar , Angsa memiliki leher yang panjang seakan menegaskan bahwa dia lebih besar lagi.
Sebagai hewan pekerja, Angsa dipilih bukan karena ukuran tubuh dan atau lehernya. Angsa dipekerjakan karena suara gaduhnya dan belum dikenal jam tidur serta anti sogokan. Bila hewan penjaga seperti Anjing dikenal karena gonggongannya, juga nyaris dalam tidurpun jika menanggkap sedikit saja suara asing,segera siaga dengan gonggongannya; demikian juga Angsa.

Pengguna jasa Angsa sebagai hewan penjaga dengan memberikan peringatan dini (early-warning) adalah pihak pengelola Istana Buckingham, Inggeris. Selain cukup cantik dan padu padan dengasn tanam yang dirancang dengan kolam dan air, hewan ini belum begitu terkenal sebagai penjaga sehingga kehadirannya terkamuplase. Meski demikian kehadiran Angsa tetap digabungkan dengan Anjing. Jadi semacam pengamanan berlapis.
Bila dalam banyak film, Anjing digambarkan begitu perkasa namun seringkali menjadi sibuk dan "diam" bila diberi makanan. Hal ini berlaku sebaliknya, pemberian makan pada Angsa akan membuat keributan menjadi keGADUHan.

Angsa bukanlah itik yang ramah. Meski bila disbanding Anjing tentu unggas ini tidak bertaring. Namun sodokan paruh Angsa sangat keras dan memimbulkan luka di kulit terluar. Tamu tak diundang belum pernah tercatat mengalami cedera karena penjaga yang satu ini. Namun sikap memandang enteng, meremehkan yang membuat kaget.
Sejatinya Anjingpun tidak diam ketika disogok makanan, hanya suaranya jauh lebih rendah dibandingkan setika mulutnya terbuka.
Nama local di Kalimantan untuk Angsa adalah itik Angsa.

Hewan Pekerja (Series) 2, Angsa 4.5 5 Ahmad Faisal Definisi hewan pekerja adalah hewan yang dimanfaatkan oleh manusia karena kemampuan alamiahnya atau akibat oleh pelatihan. Pengertian ini me...


2 komentar:

  1. Artikelnya menarik sekali, saya ijin copas ya...

    BalasHapus
  2. ahmad faisal14 Mei 2012 13.55

    terimakasih diijinkan

    BalasHapus

Mohon komentarnya dengan bahasa yang sopan, terima kasih atas kunjungannya.