Hewan Pekerja (Series) 1, Anjing

 

Definisi hewan pekerja adalah hewan yang dimanfaatkan oleh manusia karena kemampuan alamiahnya atau akibat oleh pelatihan. Pengertian ini membatasi hewan yang rajin bekerja tapi untuk dirinya sendiri. Karena kelebihnnya ini hewan tersebut kemudian menjadi sahabat bahkan anggota keluarga dari manusia yang mengambil manfaat dari keberadaannya.
ANJING
Kami memutuskan untuk tidak memberikan gambaran morfologis hewan ini, karena sudah sangat familiar.
Anjing adalah hewan pekerja oleh berbagai kemampuan dan kesetiannya. Mulai dari pekerjaan menjaga –rumah, gudang, kebun, ternak dan lainnya. Mengendus bom, narkotika dan senjata serta mengejar pelaku kriminalitas. Juga ada anjing kutub yang bertugas menarik kereta salju.
Di Kalimantan (Borneo bagian Indonesia) Anjing ini lebih banyak dimanfaatkan secara tradisional sebagai teman berburu. Penciuman yang tajam, kecepatan lari sambil menggonggong adalah tiga hal yang membuat hewan ini diperlakukan seperti anggota keluarga. Karenanya Anjing berburu ini diperjualbelikan dengan harga yang aduhai. Mereka juga diberi nama, sperti Tampung untuk anjing dengan muka yang bercoreng hitam.
Sebagai hewan pekerja anjing memiliki jenis pekerjaan yang cukup luas. Pembatas akan keberadaan anjing adalah pengaturan bagi ummat Muslim untuk memperlakukan hewan ini tidak bebas. Anjuran agar anjing tidak bersentuhan langsung dengan muslimin saat bulu hewan ini basah. Karenanya air liur anjing (pasti basah kan) juga bagian yang harus diatur penanganannya.
Kesetiaan hewan anjing ini pada tuannya telah tercatat dalam banyak cerita. Salah satunya adalah cerita tentang Ashabul Kahfi. Para tuan atas anjing setia ini tertidur selama tiga ratus (300) tahun. Anjing itu menunggu berselonjor kaki di depan pintu gua (kahfi) tentu saja sampai mati. (Qur'an S. 14 (9-19))
Nama daerah untuk anjing ini adalah Hadupan atau Hidupan.
Hewan Pekerja (Series) 1, Anjing 4.5 5 Ahmad Faisal Definisi hewan pekerja adalah hewan yang dimanfaatkan oleh manusia karena kemampuan alamiahnya atau akibat oleh pelatihan. Pengertian ini me...


1 komentar:

  1. nice posting..sangat bagus buat pengetahuan kita bersama

    BalasHapus

Mohon komentarnya dengan bahasa yang sopan, terima kasih atas kunjungannya.