Hewan Pekerja (Series) 7, Merpati

 

Definisi hewan pekerja adalah hewan yang dimanfaatkan oleh manusia karena kemampuan alamiahnyaatau akibat oleh pelatihan. Pengertian ini membatasi hewan yang rajin bekerjatapi untuk dirinya sendiri. Karena kelebihnnya ini hewan tersebut kemudianmenjadi sahabat bahkan anggota keluarga dari manusia yang mengambil manfaat dari keberadaannya.

MERPATI

Merpati adalah burung merpati yang telah dilatih untuk mengantarkan surat berpesan atau sesuatu barang. Jenis burung yang cukup pintar ini, memiliki daya ingat yang kuat, kemampuan navigasi, dan memiliki naluri alamiah yang dapat kembali ke sarang meskipun sudah pergi dengan jarak yang jauh dan waktu yang lama, sehingga barang (surat dan lainnya) yang disampaikan pasti sampai di tujuan atau sangat kecil kemungkinan nyasar. Untuk memudahkan Merpati dilatih sebelumnya diberi makanan khusus berupa campuran kalium karbonat dan minyak ikan.

Terdapat tiga tahap keterampilan merpati yang dilatih dan diuji agar menjadi hewan pekerja. Pertama disebut static yaitu berlatih menerima perintah manusia sang user (pengguna) mengenali wilayah tertentu yang relatif kecil. Tahap kedua adalah Mobile yaitu latihan untuk berpindah dari dan ke suatu tempat. Terakhir adalah Boomerang yaitu untuk dapat kembali ke tempat asal.

Sebagai hewan pekerja , Merpati ini dikenal dengan nama Merpati pos. Sejarah penggunaan merpati lebih banyak untuk suasana genting dan mencekam yaitu perang. Tercatat telah digunakan sejak kerajaan di irak (Afrika) dalam menghadapi serbuan Sang Penakluk bangsa Mongol. Juga dalam perang yang terakhir yaitu perang dunia kedua sekitar tahun 1943 an.

Penggunaan Merpati sebagai hewan pekerja bukan saja oleh militer atau pemerintahan, bahkan kantor berita Reuter dan perusahaan swasta. Karenanya pada era itu banyak pelatihan dan peternakan negeri dan swasta. Karenanya aturan hukum tentang gangguan merpati ini telah tersedia.

Di Indonesia, rata-rata merpati pos adalah hasil perkawinan silang antara ras Yansson dan Delbar dari Belgia dengan ras unggulan lainnya. Merpati sebagaimana lazimnya burung, berbiak dengan telur. Si betina bertelur rata-rata dua butir yang kemudian dierami sampai menetas. Merpati muda sudah pandai terbang diusia 40 hari.

Seperti halya Pos – PT Pos Indonesia – Merpati oleh sang Manusia dipersiapkan melakukan resolusi. Tergusurnya surat dan pesan oleh faximile, SMS, MMS dan BBM serta e-mail, peran merpati sebagai hewan pekerja belum habis tergerus zaman. Sayangnya sumber penulis menerangkan peran merpati sepertinya masih pada suasana kurang normal. Disinyalir sudah ada merpati yang menjadi kurir narkoba!!! Astagfirullah; ya rabb jauhkan kami – kelaurga dan keturunan kami dari hal yang sedemikian. Amin 33 x.

Hewan Pekerja (Series) 7, Merpati 4.5 5 Ahmad Faisal Definisi hewan pekerja adalah hewan yang dimanfaatkan oleh manusia karena kemampuan alamiahnyaatau akibat oleh pelatihan. Pengertian ini mem...


5 komentar:

  1. Merpati oh merpati...kau tak pernah ingkar janji..karena memang kau tak pernah dan tak akan bikin janji...

    BalasHapus
  2. jika ada merpati jd kurir narkoba, bearti hrs ada pemangsa merpati tsb..gmn bro?

    BalasHapus

Mohon komentarnya dengan bahasa yang sopan, terima kasih atas kunjungannya.