Koknya KOPI

 

Kopi Kurangi Risiko Kanker Kulit

SATU lagi manfaat kopi ditemukan para pakar kesehatan dari Universitas Harvard, AS, baru-baru ini.

Berdasarkan pengamatan yang dipimpin Jiali Han itu, kafein dalam kopi dapat mengurangi risiko bahaya sel Carcinoma yang dikenal sebagai cikal bakal kanker kulit.

Han memimpin timnya untuk melakukan analisa data studi kesehatan 112.897 partisipan selama 20 tahun. Dalam pengamatan itu, sebanyak 22.786 partisipan diketahui mengalami perkembangan sel Carcinoma.

Dari hasil pengamatannya, Han menjelaskan partisipan yang mengalami risiko terkecil terkena dampak buruk perkembangan sel itu memiliki kebiasaan mengonsumsi kopi, juga minuman lain yang mengandung kafein seperti teh, cokelat, dan minuman soda.

"Pengamatan itu juga menemukan kecilnya risiko kesehatan lain seperti diabetes tipe 2 dan Parkinson," kata Han dalam laporan penelitian dipublikasi lewat jurnal American Associaton for Cancer Research.

Walau begitu, tim belum melakukan penelitian mengenai penyebab kafein berguna dalam menangkal risiko kanker kulit. Dalam laporan pengamatan sebelumnya, juga disebut konsumsi kafein memperendah risiko depresi pada perempuan. (MI/LiveScience/Wrt3)
Koknya KOPI 4.5 5 Ahmad Faisal Kopi Kurangi Risiko Kanker Kulit SATU lagi manfaat kopi ditemukan para pakar kesehatan dari Universitas Harvard, AS, baru-baru ini. ...


5 komentar:

  1. ayo kita minum kopi bersama di AW1, kapan?

    BalasHapus
  2. ayo... sambil nanam kopi

    BalasHapus
  3. jumat, esok kamarian, Bowo bebeawaan, Eka ulang Tahun Mincon jua, Isa tinnggal habari aje, auk pamit kerja maaaaaaaaf

    BalasHapus
  4. Apa kejadiannya di AW1 Jum'at tu leh?

    BalasHapus
  5. Suatu saat nanti jadi "Raja" kpi jua abahnya nich

    BalasHapus

Mohon komentarnya dengan bahasa yang sopan, terima kasih atas kunjungannya.