Melatih untuk Melepas Liarkan

 

Elang Brontok adalah sejenis burung pemangsa anggota suku Accipitridae. Dinamai demikian kemungkinan karena warnanya yang berbercak-bercak (pada bentuk yang berwarna terang). Namanya dalam bahasa Inggris adalah Changeable Hawk-eagle karena warnanya yang sangat bervariasi dan berubah-ubah, sedangkan nama ilmiahnya yalah Spizaetus cirrhatus. Elang brontok berbiak di wilayah yang luas, mulai dari kawasan Asia selatan di India dan Sri Lanka, tepi tenggara Himalaya, terus ke timur dan selatan melintasi Asia Tenggara hingga ke Indonesia dan Filipina.

Penulis menemukan warga Desa Kahelaan Kecamatan Sungai Pinang Kabupaten Banjar yang menawarkan Elang muda Brontok ini. Sembari belajar tentang tata cara pemberian makan yang telah menjadi kebiasaan. Memberikan mahar dan minta diantarkan ke lokasi Pelatihan.

Pada tanggal 26 Agustus 2013, sang Brontos ditempat di bagian gudang PT BOrneo Indo Tani desa Cintapuri Kecamatan Cintapuri DARUSSALAM Kab. Banjar memulai Pelatihan untuk di Lepas Liarkan.
Maka pada tanggal 14 September hari Sabtu jam 15.15 Aleks, demikian kami memberi nama resmi di Lepas Liarkan. 

Tujuan penulis adalah agar sang Brontos "Aleks" belajar hidup mandiri sekaligus menjadi "hewan pekerja" di perkebunan tersebut. 
Aleks memberikan pose terbaik sebelum terbang bebas.
Melatih untuk Melepas Liarkan 4.5 5 Ahmad Faisal Elang Brontok adalah sejenis burung pemangsa anggota suku Accipitridae. Dinamai demikian kemungkinan karena warnanya yang berbercak-bercak (...


2 komentar:

  1. moga tak ada lagi yang hidup terkurung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pahit pahit dipelatihan moga berguna di alam bebas yang kadang liar

      Hapus

Mohon komentarnya dengan bahasa yang sopan, terima kasih atas kunjungannya.