Hewan Pekerja (Series) 6, Gajah

 

Definisi hewan pekerja adalah hewan yang dimanfaatkan oleh manusia karena kemampuan alamiahnya atau akibat oleh pelatihan. Pengertian ini membatasi hewan yang rajin bekerja tapi untuk dirinya sendiri. Karena kelebihnnya ini hewan tersebut kemudian menjadi sahabat bahkan anggota keluarga dari manusia yang mengambil manfaat dari keberadaannya.
Gajah
Sebuah anekdot kita simak untuk memperkenalkan hewan ini. Empat orang buta mengelilingi hewan ini, satu orang dibagian depan, memegang gading dan kemudian diendus belalai yang bergerak lincah. Orang kedua dibagian telinga yang lebar dan melambai bolak balik. Yang ketiga tepat meraba kaki besar nan kokoh hampir tak terpeluk dan yang terakhir dia terbelai oleh ekor berbentuk bulat panjang itu. Begitu besarnya makhluk Tuhan yang satu ini. Sehingga diakhir anekdot ini Gajah bisa jadi seperti ular, seperti kipas dan seperti batang pohon.
Meskipun besar Gajah adalah pemakan tumbuhan. Setara dengan ukuran tubuhnya maka hewan ini bekerja mengandalkan tenaga yang kuat dan mudah melewati medan berat. Belakangan karena manusia makin dapat akrab sudah pula menjadi kendaraan angkutan di kawasan wisata alam bukan lagi sekadar hewan sirkus yang interaksinya hanya pada pawang dan tepuk tangan penonton.
Thailand atau pada awalnya kita kenal sebagai Muangthai dijuluki negeri Gajah (putih). Raja dari negeri di Asia Tenggara yang tak pernah dijajah ini menggunakan Gajah sebagai symbol kebesaran. Di negeri ini pula Gajah pernah terkenal sebagai tenaga kerja pada sektor pembalakan hutan. Benar! Gajah jadi pekerja yang bertugas memindahkan kayu dari hutan ke pinggir kali untuk selanjutnya dihanyutkan menuju kawasan pengolahannya. Saat ini Gajah sudah bermain sepak bola.
Gajah juga diceritakan pada kitab suci Al Qur'an, yaitu tentara berkendaraan Gajah yang lumat oleh burung bersenjatakan tanah (membara).
Di Kalimantan nama hewan ini juga Gajah, bukan karena tidak ada tapi sudah langka. Menurut penelitian tahun 2007 Gajah Borneo tinggal lebih kurang 2000 ekor. Mereka tinggal dipedalaman  Borneo bagian utara.
Gajah yang besar ini makan rumput sampai ratusan kilogram hingga satu ton setiap hari.
Hewan Pekerja (Series) 6, Gajah 4.5 5 Ahmad Faisal Definisi hewan pekerja adalah hewan yang dimanfaatkan oleh manusia karena kemampuan alamiahnya atau akibat oleh pelatihan. Pengertian ini m...


3 komentar:

  1. yu kita hunting gajah kalimantan

    BalasHapus
  2. siap, kebetlan penjaga perbatasan kita tentara 621 lo

    BalasHapus
  3. biasanya ada ungkapan "ganal" kaya "gajah" jadi bisa jua dipakai sebagai ungkapan..ya kah??

    BalasHapus

Mohon komentarnya dengan bahasa yang sopan, terima kasih atas kunjungannya.