MOTIVATION

 

Lulusan SD Jadi Pengusaha, Sarjana Jadi Karyawan

TEMPO.CO, Jakarta - Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah mencatat angka lulusan sarjana (S1) kalah telak dari lulusan sekolah dasar dalam hal memulai menjadi seorang pengusaha.

"Datanya diolah dari data yang kami dapat dari Kementerian Pendidikan," ujar Deputi Pengembangan Kewirausahaan Kementerian Koperasi, Taty Ariati, Sabtu, 7 April 2012.

Berdasarkan data itu minat lulusan sekolah menengah umum untuk menjadi pelaku usaha kecil dan menengah hanya 22,63 persen. Angka ini kalah dibanding minat dari lulusan SD dan sekolah menengah pertama yang mencapai 32,46 persen. Adapun lulusan perguruan tinggi hanya 6,14 persen.

Taty menyatakan data tersebut bisa menjadi catatan bahwa kurikulum pendidikan yang diajarkan di bangku sekolah saat ini cenderung tidak mendorong seseorang berminat menjadi seorang wirausahawan, tapi lebih tertarik bekerja kantoran.

Sekolah tidak lebih banyak mengajarkan keterampilan bagi peserta didik, sehingga cakap dalam persaingan usaha. Hal itu semakin kuat karena hingga kini budaya sebagian masyarakat Indonesia, sebagian besar orang tua, masih berharap anak-anaknya dapat menjadi karyawan sebuah perusahaan ketimbang membuka usaha sendiri.

"Kesannya ketika makin tinggi (tingkat pendidikannya), orang malas jadi pengusaha UKM karena di bayangannya mereka inginnya jadi karyawan," ujar dia.

Melihat fenomena itu lembaganya terus memberikan edukasi dan informasi bagi lulusan sekolah berbagai tingkatan untuk menjadi pengusaha, sehingga semakin banyak lapangan kerja baru. "Mereka (UKM) itu tidak bergantung pada peluang kerja yang diberikan pihak lain. Justru mereka membuat (peluang) sendiri," kata dia.

JAYADI SUPRIADIN

MOTIVATION 4.5 5 Ahmad Faisal Lulusan SD Jadi Pengusaha, Sarjana Jadi Karyawan TEMPO.CO , Jakarta - Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah mencatat angka lulusan...


5 komentar:

  1. bagus utk inspirasi dan motivasi, asal jgn bicara basi..nasi kali basi...

    BalasHapus
  2. harta dan ilmu, sama-sama amanah dari Allah, semoga keduanya menjadi alat mencapai ridho-Nya

    BalasHapus
  3. dikampung kami Haji Adul madrasah ja kada tamat sukses ja sidin jadi juragan gatah, he..he. Jaka sidin sarjana bisa lebih harat lagi sako lih sidin.

    BalasHapus
  4. artinya data ni ada benarnya lo?

    BalasHapus
  5. ahmad faisal6 Mei 2012 20.22

    kaya apa ada tambahan alasan sarjana jadi karyawan lagi?

    BalasHapus

Mohon komentarnya dengan bahasa yang sopan, terima kasih atas kunjungannya.