Hewan Pekerja (Series) 18, Walet

 

Definisi hewan pekerja adalah hewan yang dimanfaatkan oleh manusia karena kemampuan alamiahnya atau akibat oleh pelatihan. Pengertian ini membatasi hewan yang rajin bekerja tapi untuk dirinya sendiri. Karena kelebihnnya ini hewan tersebut kemudian menjadi sahabat bahkan anggota keluarga dari manusia yang mengambil manfaat dari keberadaannya.

WALET

Hewan pekerja kita kali ini adalah keluarga besar burung. Gaya terbangnya sik asik seperti bermain main saja. Dalam kelas burung, walet berada pada ukuran sedang. Kecepatan terbangnya adalah keharusan untuk menangkap serangga yang juga terbang sebagai makanan.
Layang Layang adalah sebutan lain dari Walet. Merupakan salah satu jenis dari jumlah jenis burung di Indonesia sebanyak 1598 jenis . Dengan ini membawa Indonesia menempati urutan pertama sebagai negara yang memiliki jumlah jenis burung terbanyak se-Asia.
Hasil dari peternakan walet ini adalah sarangnya yang terbuat dari air liurnya (saliva). Jadi kehadiran sebagai hewan pekerja berdasarkan kemampuan atau nalurinya untuk berkembang biak yaitu memulai dengan membuat sarang. Sarang ini sejatinya untuk tempat wallet menempatkan telur, mengerami dan membesarkan anak-anaknya. Sarang inilah yang dimanfaatkan oleh manusia sebagai komoditas makanan mahal.
Sebagai bahan makanan, sarang walet mengandung gizi yang lengkap dengan nilai yang tinggi pula. Sarang walet mengandung kalori, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, vitamin, dan mineral. Asam amino yang terkandung di dalam sarang walet juga lengkap, mulai dari asam amino esensial, asam amino semiesensial, dan asam amino nonesensial. Selain itu sarang walet juga berkhasiat sebagai obat. Zat yang terkandung dalam sarang walet antara lain ODA (9-octadecenoic acid) dan HAD (hexadecenoic acid). Zat ini berfungsi untuk meningkatkan stamina tubuh sehingga tubuh dapat memiliki vitalitas tinggi dan bahkan awet muda.
Beberapa sumber juga menyebutkan bahwa sarang walet sangat ampuh untuk menyembuhkan penyakit kronis, seperti tumor, tipus, asma dan lemah jantung.
Sarang burung walet 1kg tidak lebih dari 75 biji saja, budidaya Walet tidak mengeluarkan modal per hari,bisnis yang tidak membutuhkan banyak tenaga kerja. Praktis tidak mengeluarkan biaya apapun sebab aktivitas burung se hari-hari- sudah jalan sendiri,tanpa minta bantuan apapun makan mencari sendiri bahkan seluruh aktivitasnya burung tidak mau di Bantu manusia atu pembudi daya itu sendiri, kita hanya menyediakan gedung itu saja.
Sepanjang gedung masih layak huni terutama suhu,udara ,cahaya,dan kelembapan masih terjaga dengan baik dan di jamin di dalam gedung tidak ada binatang pengganggu. bentuk bangunan perlulah berdasarkan kepada kehendak dan keperluan burung.
Jadi hewan ini tetap liar namun dengan kermodalkan kebaikan Burung Kelayangan Walet ini menjadi bisnis yang tetap ramai. Nilai satu kilogram sarang wallet mencapai belasan juta rupiah.
Hewan Pekerja (Series) 18, Walet 4.5 5 Ahmad Faisal Definisi hewan pekerja adalah hewan yang dimanfaatkan oleh manusia karena kemampuan alamiahnya atau akibat oleh pelatihan. Pengertian ini ...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon komentarnya dengan bahasa yang sopan, terima kasih atas kunjungannya.