JAUHKAN ODOL

 

Dari Om untuk keponakan
JAUHKAN ODOL
Pengalaman adalah guru yang paling baik. Namun tidak harus semua hal kita alami sendiri. Tidak akan cukup umur kita bila harus melakukan sendiri. Ingat petuah kuno "buku jendela ilmu"?
Meskipun begitu, panic membuat semua pengalaman baik langsung maupun tidak langsung lenyap – hilang dari kepala kita. Panik lebih dekat kepada rasa. Maka tip kita hari ini adalah berusaha meletakan rasa setara pikiran (untuk keponakan perempuan) dan menempatkan pikiran sejajar perasaan (untuk yang lelaki)
Ini kita ambil dari metro tv news.com hal lifestyle terbit 28 Mei 2012.
Langkah bijak bila luka bakar (judul asli Tips Mengatasi luka bakar)
Batasan istilah luka bakar adalah kerusakan jaringan atau kehilangan jaringan yang diakibatkan sumber panas ataupun suhu dingin yang tinggi, sumber listrik, bahan kimiawi, cahaya, radiasi dan friksi.
1. Begitu terkena benda atau cairan panas langsung singkirkan pakaian di sekitar luka bakar. Lakukan sesegera mungkin jangan sampai benda atau cairan panas itu mengenai pakaian yang lelehannya bisa jatuh ke kulit Anda.

2. Segera basuh luka dengan air dingin. Kira-kira selama 15 menit atau lebih sampai luka terlihat lebih baik. Hal ini untuk mendinginkan luka sebelum terkena obat. Kompres luka dengan kain kasa. Jangan gunakan kapas atau bahan lain yang sekiranya bisa menempel di kulit.

3. Hindari odol sebagai pertolongan pertama. Mentega atau salep apapun juga disebut memperparah luka bakar. Air dingin cukup untuk meredakan nyeri luka bakar.

4. Segera periksakan luka bakar ke dokter untuk menghindari infeksi bakteri. Jika Anda terinfeksi bakteri, setelah mengalami luka tersebut Anda akan demam, radang dan luka Anda mengeluarkan nanah.

5. Luka bakar yang cukup serius sebaiknya langsung Anda bawa saja ke dokter atau rumah sakit. Karena bisa-bisa jaringan kulit Anda akan rusak dan merusak sistem kerja tubuh lainnya. Secepatnya Anda harus mendapatkan perawatan intensif.

JAUHKAN ODOL 4.5 5 Ahmad Faisal Dari Om untuk keponakan JAUHKAN ODOL Pengalaman adalah guru yang paling baik. Namun tidak harus semua hal kita alami sendiri. Ti...


1 komentar:

  1. Kalo masih belum sembuh bawa ke tukang las, hehe

    BalasHapus

Mohon komentarnya dengan bahasa yang sopan, terima kasih atas kunjungannya.