Count Down "Kiamat Kecil" Dimulai 5

 

Diprediksi Lima Tahun Lagi Jebol

Jika Bendungan Riam Kanan Tidak Dijaga
Ketika mencapai dasar Sungai Riam Kanan kecepatan air waduk menjadi 105 km/jam.

"Inilah perhitungan fisika matematis untuk waktu yang tersedia bagi kegiatan pengungsian"
Gravitasi bumi besarnya sekitar (9,8 m/detik)/detik, atau 9,8 m/detik2 , atau sekitar (35 km/jam)/detik. Kalau anda meloncat dari pesawat, pada detik pertama kecepatan jatuh anda 35 km/jam. Setelah dua detik kecepatan anda menjadi 70 km/jam. dalam 10 detik, kecepatan jatuh anda menjadi 350 km/jam. Kecepatan jatuh anda tidak akan bertambah terus menerus, karena ada udara yang menghambat. Setelah 10 detik mungkin anda tidak lagi merasa jatuh, tetapi merasa melayang, karena kecepatan anda tidak lagi bertambah. makna gravitasi dalam fisika. Gravitasi adalah percepatan. Gravitasi bumi adalah percepatan yang disebabkan oleh bumi
ilustrasi
Memperhatikan ketinggian air waduk Riam Kanan pada pintu limpasan pertama 57 m dpl dan limpasan terbuka yang bila dilewati air akan menimbulkan suara gemuruh yang terdengar hingga ribuan meter adalah 63 m dpl. Maka bila jebol sedikitnya terdapat ketinggian air 50 meter.
Kita kutipkan perihal benda jatuh sebagai gerak lurus berubah beraturan dalam bentuk gerak jatuh bebas..
Benda yang dilepas dari suatu ketinggian tertentu (s) akan selalu jatuh menujuke pusat bumi. Apabila benda tidak mempunyai kecepatan awal (vo=0) dan tidak ada gaya gesek udara (diabaikan) serta tidak ada gaya luar yang bekerja pada benda,maka setiap benda yang jatuh dari ketinggian yang sama akan menempuh waktu yangsama untuk sampai di permukaan bumi, meskipun massa masing-masing benda ini berbeda. Apabila ketinggian awal tempat jatuhnya benda tidak berbeda jauh maka benda akan mengalami percepatan yang tetap (a = konstan) selama jatuh. Percepatanitu tidak lain adalah percepatan gravitasi bumi yang dilambangkan dengan notasi 'g'.Gerak seperti ini disebut gerak jatuh bebas.Gerak jatuh bebas juga merupakan gerak lurus berubah beraturan, sehingga persamaan-persamaan yang berlaku juga sama. Persamaan tersebut antara lain :v = vo+ at ……………1)
karena vo= 0 dan a = g, makav = g t ……………2)
dari persamaan 2 dapat diturunkan terhadap waktu untuk menghitung jarak tempuhmaka
s = ½ g t² …………..3)
dengan : v = kecepatan pada waktu tertentu
s = jarak tempuh/ketinggian
g = percepatan gravitasi
t = waktu tempuh
Model ini kita masukan sebagai berikut 50 M = 1/2x9.8 (m/det2)xt2
Sama dengan t2 = 50m/(1/2x9.8 m/det2 = 50/4,9/det2 adalah mendekati angka 10,204 detik2
Dengan mudah dipahami bahwa waktu yang dibutuhkan adalah akar dari 10.204 setara dengan 3,19 detik.
Tiga koma Sembilan belas (3,19) sekon merupakan waktu yang dipakai oleh air waduk Riam Kanan pada ketinggian rataan 50 m ketika jatuh bebas sebagai akibat jebolnya waduk. Bila gaya gravitasi 9,8 m/detik2 berarti dalam setiap detik terjadi percepatan senilai angka gravitasi. Atau lebih sederhana adalah 35 km/Jam lalu bertambah cepat dua kali pada setelah dua detik.
Ketika Waduk Riam Kanan Jebol air jatuh dengan kecepatan nol. Diperlukan waktu untuk mencapai dasar Sungai Riam Kanan adalah 3, 19 sekon (detik). Maka pada detik kedua kecepatan 35 km/Jam pada detik ketiga menjadi 70km/jam. Ketika mencapai dasar Sungai Riam Kanan kecepatan air waduk menjadi 105 km/jam.
Dengan asumsi gaya gesek yang berarti pengereman senilai 5 km/jam sebagai akibat adanya batu batuan, keramba, jembatan dan jamban, maka dkecepatan 100 km/jam bencana mengancam sepanjang aliran sungai Riam Kanan. Buka karena kecepatannya saja tapi oleh banyaknya kiriman air. Seperti Tsunami?
Tulisan ini dipersiapkan oleh Ahmad Faisal dan H. Majish Sibyani : berikut akan kita bahas waktu yang tersedia untuk proses pengungsian bila bendungan jebol bagi warga yang tinggal di kawasan aliran limpasannya. Kemana arah pengungsian paling aman dan lancar. Berapa lama :kiamat kecil ini akan kita hadapi. Infastruktur apa yang akan paling parah kerusakannya dan bila memungkinkan berapa kerugian yang dapat diprediksi (tentu tidak menaksir nilai nyawa manusia). Apa saja yang sepatutnya kita persiapkan selain system peringatan dini dan logistic selama pengungsian.

Count Down "Kiamat Kecil" Dimulai 5 4.5 5 Ahmad Faisal Diprediksi Lima Tahun Lagi Jebol Jika Bendungan Riam Kanan Tidak Dijaga Ketika mencapai dasar Sungai Riam Kanan kecepatan air waduk m...


3 komentar:

  1. Semoga cepat diantisipasi agar "tsunami" banjar tidak terjadi..Amin

    BalasHapus
  2. Izin bertanya. Tetapan percepatan gravitasi itu tergantung kepada ketinggian permukaan tanah, bukan. Berapakah kisaran percepatan gravitasi untuk kawasan Banjarmasin dan sekitarnya ?

    BalasHapus
  3. percepatan gravitasi sama saja di Banjarmasin dengan tempat lainnya. Hanya bila benda jatuh pada ketinggian yang berbeda maka percepatannya beda. Mungkin sederhananya pertambahan kecepatannya makin tinggi sehubungan dengan waktu yang diperlukan untuk mencapai bumi, KIkira begitu. mudahan ada yang lebih pas penjelasannya; kita tunggu bersama

    BalasHapus

Mohon komentarnya dengan bahasa yang sopan, terima kasih atas kunjungannya.