Count Down "Kiamat Kecil" Dimulai 3

 

Diprediksi Lima Tahun Lagi Jebol

Jika Bendungan Riam Kanan Tidak Dijaga
Pelimpas kedua ini akan mudah tergerus air dan terbuka apabila terjadi banjir dan air akan mengalir masuk ke sungai Aranio
"Berapa lamakah air ini terkumpul untuk menjadi energy penggerak turbin PLTA PM Noor " Bertanya H. Majizh dengan matanya tetap memelototi peta daerah bahaya bila bendungan ini benar benar jebol.
buangan air melalui pelimpasan kedua tahun 2006
Tak ada informasi memadai tentang hal itu. Hanya bila kita telusuri blog Paguyupan Karyawan (mantan) PLTA Riam Kanan mereka mencatat pernah kebanjiran saat ujicoba tahun 1970. Maka bila diperhatikan tata waktunya penyelesaian bendungan ditahun 1969 beberati kurang dari setahun air dengan volume sebanyak : 772.000.000 m3 dan volume waduk  Efektif : 492.000.000 m3 terlampaui.
Kita buat gambaran lebih sederhana; 1 M3 atau dalam terminology keseharian dikenal dengan 1 (satu) meter kubik ini adalah setara dengan 100 cm tinggi x 100 cm lebar x 100 cm panjang sama dengan 1000000 (sejuta) cm3. Sedangkan kita tahu bahwa 10 cm tinggi x 10 cm lebar x 10 cm panjang adalah satu liter maka 1 M3 ialah 1.000 liter.
Dengan demikian 772.000.000 m3 akan dimuat dalam truk tangki pengangkut BBM kapasitas 10.000 liter sebanyak  77.200.000 dibaca "tujuh puluh tujuh juta dua ratus ribu buah trak tangki BBM" Maka bila dijejer semua truk itu panjangnya mencapai 463.200 Km jika diasumsikan truk tanggki dimaksud panjangnya masing masing 6 meter. Jejeran Truk kapasitas 10.000 liter mulai Tanjung Tabalong sampai Batu Licin Tanah Bumbu.
Karena itulah para perancang PLTA Riam Kanan alias Waduk HPM< Noor mempersiapkan dua pelimpas. Berikut kami kutipkan uraian teknisnya;
Bendungan Riam Kanan mempunyai dua pelimpas air (spill way) yang akan bekerja yaitu mengalirkan air, apabila ketinggian air waduk telah mencapai ketinggian tertentu yang melebihi tinggi air normal. Level air tertinggi didesain pada elevasi +60 m (di atas permukaan laut).  Pelimpas pertama merupakan Service spillway dinamai "Morning glory" atau Bunga kecubung, karena bentuknya seperti bunga kecubung, dan akan mengalirkan air apabila ketinggian air mencapai 57 m (elevasi +57 m dari muka laut).  Pelimpas kedua disebut Emergency spillway atau pelimpas dalam keadaan darurat, berupa "natural open spill way", karena akan mengalirkan air dalam kondisi banjir, yaitu bila elevasi waduk mencapai 63 m, (ketinggian puncak bendungan Riam Kanan pada elevasi 66 m). Spillway ini merupakan lahan terbuka di antara dua bukit di sisi kiri danau (bila menghadap ke hilir), dan pengerjaannya dilaksanakan pada tahun 1975, dengan meratakan daerah lembah yang dipilih urugan tanah tanpa dipadatkan sempurna, menjadi elevasi 63 m.   Pelimpas kedua ini akan mudah tergerus air dan terbuka apabila terjadi banjir dan air akan mengalir masuk ke sungai Aranio (anak sungai Riam Kanan) yang selanjutnya bermuara pada sungai Riam Kanan, jauh dihilir bendungan Riam Kanan.  Pelimpas ini dibuat agar bendungan Riam Kanan tidak jebol pada saat permukaan air melebihi ketinggian muka air banjir (elevasi 63 m) sehingga bencana di daerah hilir dapat dicegah.
Tulisan ini dipersiapkan oleh Ahmad Faisal dan H. Majish Sibyani : berikut akan kita bahas waktu yang tersedia untuk proses pengungsian bila bendungan jebol bagi warga yang tinggal di kawasan aliran limpasannya. Kemana arah pengungsian paling aman dan lancer. Berapa lama :kiamat kecil ini akan kita hadapi. Infastruktur apa yang akan paling parah kerusakannya dan bila memungkinkan berapa kerugian yang dapat diprediksi (tentu tidak menaksir nilai nyawa manusia). Apa saja yang sepatutnya kita persiapkan selain system peringatan dini dan logistic selama pengungsian.

Count Down "Kiamat Kecil" Dimulai 3 4.5 5 Ahmad Faisal Diprediksi Lima Tahun Lagi Jebol Jika Bendungan Riam Kanan Tidak Dijaga Pelimpas kedua ini akan mudah tergerus air dan terbuka apabi...


4 komentar:

  1. Pinanya penulis ni guru matematika jua lih?

    BalasHapus
  2. pas banar eR ai..

    BalasHapus
  3. jangan salah pernah gagal jadi guru kuntaw

    BalasHapus
  4. Tks..hitung2annya, moga moga dapat sebagai alat menjaga kewaspadaan.

    BalasHapus

Mohon komentarnya dengan bahasa yang sopan, terima kasih atas kunjungannya.