Gupran Bahujung (1)

 

GUPRAN
Tokoh yang satu ini adalah tokoh Abunawas-nya bubuhan AW1, lugu, lucu dan bayak kisah sedikit cerdik. Sahdan cerita bermula:
Pada suatu hari dikampus diadakan kuliah umum dengan Nara sumbernya Prof. DR. Ir Adul , MS, MA, yang sangat terkenal akan kepintaran dan keahliannya dalam segala bidang ilmu Pengetahuan dan Tehnologi. Beliau sangat dihormati dan diidolakan. sehingga banyak orang tua yang memberi nama anaknya dengan embel-embel Adul baik dimuka ataupun dibelakang. Pada kesempatan tersebut Gupran yang penasaran berkesempatan bertemu, "Bapak Prof. nang ulun hormati" ujar Gupran mamulai pandir, Ulun kagum akan banyaknya gelar pian, kehebatan pian menjelaskan nang rumit jadi sederhana", dengan sedikit senyum Bapak Prof pun berucap, " aaah ikam nih bisa aja dan aku tahu ai ikam ni maabung aku haja, tapi aku senang , nang sabujurannya ikam ni handak apa?" jar sidin. Kaya ni Bapak Prof lah ulun handak batakun lawan pian, "Silahkan apa haja takunan atau pertanyaan ikam, aku jawab dengan senang hati", jar sidin tadi. Tapi jar Gupran pertanyaan ini harus dengan 'persyaratan'. Bila Bapak Prof. kada dapat menjawab satu pertanyaan dari ulun pian harus bayar 100 ribu lawan ulun dan Bila ulun kada kawa menjawab satu pertanyaan dari Bapak Prof. ulun membayar 10 ribu lawan pian". Dengan mata yang melotot Bapak Prof langsung menjawab; 'Bah, ikam nih ini permainan tebak-tebakan buah mangis nang surung kupak nagarannya tapi kada adil taruhannya' jar sidin. " Justru inilah permainan yang sangat adil Prof, sebab pian kan seorang berpendidikan yang sangat tinggi yang banyak memiliki ilmu dan pengetahuan yang luas. Sedangkan ulun masih mahasiswa kada lulus pulang matematika 1 dan Kimia Dasar 1" jar Gupran, Setelah berpikir sejenak Bapak Prof pun setuju, "Ok, deal dan ajukan pertanyaan ikam" jar sidin. Dengan senyum ceria Gupran pun bertanya:" Apakah nama binatang yang mempunyai tiga kaki?". Bapak Prof ini pun berpikir lama sekali, sambil tangan beliau mengusap-usap kepalanya yang botak. Beliau merasa ada yang aneh dengan pertanyaan ini. Seumur hidup belum pernah mendengarnya, kalau pun ada, apa namanya, seperti apa bentuknya dimana ia berada. Semesta pertanyaan menyelimuti benak sang Prof. Akhirnya Beliaupun kehabisan akal dan tidak mampu menjawabnya. Dengan satrianya sang Prof pun berkata, "Gung. Aku menyerah, dan menurut ikam pang apa nama binatang itu", kata Bapak Prof dengan tidak sabar. " "Hadangi dahulu", jar Gupran. 'Sesuai kesepakatan tadi pian bayar dahulu 100 ribu hanyar ulun jawab pertanyaan pian".(sambung)
Gupran Bahujung (1) 4.5 5 Fahmy GUPRAN Tokoh yang satu ini adalah tokoh Abunawas-nya bubuhan AW1, lugu, lucu dan bayak kisah sedikit cerdik. Sahdan cerita bermula: Pada sua...


3 komentar:

  1. sangat salut..akhirnya kita msh ingat dgn si Gupran..

    BalasHapus
  2. Dialog kritis mahasiswa dan prof ??? kah!!

    BalasHapus

Mohon komentarnya dengan bahasa yang sopan, terima kasih atas kunjungannya.