Tomat Turunkan Resiko Stroke

 

Cegah stroke dengan buah ini
Selasa, 9 Oktober 2012
Pengantar: Tanaman ini berasal dari Amerika (tengah dan Selatan) sampai di Borneo Indonesia khususnya di Selatan dikenal dengan nama Belinjan. Tumbuh cukup baik ditangan petani lokal.
Jakarta (ANTARA News) - Dengan rajin mengkonsumsi tomat, ternyata kita bisa mencegah serangan stroke yang bisa berdampak sangat fatal, demikian dikutip dari hasil riset para peneliti di Finlandia.

Para peneliti menyelidiki dampak yang ditimbulkan oleh unsur kimia lycopene yang berwarna merah cerah di tomat, merica, dan semangka.

Studi yang melibatkan 1.031 koresponden itu menunjukkan bahwa mereka yang memiliki lycopene paling banyak dalam aliran darahnya akan lebih tangguh mencegah serangan stroke.

Sementara itu Asosiasi Stroke meminta agar hasil penelitian ini ditindaklanjuti dengan penelitian yang lebih mendetil soal dampak lycopene terhadap pencegahan stroke.

Berdasarkan penelitian--yang hasilnya dipublikasikan oleh BBC--para pria yang menjadi responden dipantau kadar lycopenenya dalam darah selama 12 tahun.

Grup pertama adalah mereka yang kadar lycopenenya rendah. Ada 25 kasus stroke dari 258 di grup ini.

Grup kedua adalah pria yang kadar lycopenennya tinggi, ternyata hanya 11 orang dari 259 responden yang mengalami stroke.

Para peneliti pun berkesimpulan bahwa konsumsi buah-buahan yang tinggi kandungan lycopene bisa menekan resiko terserang stroke hingga 50 persen.


(E012)
Editor: Ella Syafputri
COPYRIGHT © 2012
Tomat Turunkan Resiko Stroke 4.5 5 Ahmad Faisal Cegah stroke dengan buah ini Selasa, 9 Oktober 2012 Pengantar: Tanaman ini berasal dari Amerika (tengah dan Selatan) sampai di Born...


5 komentar:

  1. Semalam mencok timun..hari ini tomat.. besok apalah..??

    BalasHapus
    Balasan
    1. gula aren, gula coklat tambah asam jawa

      Hapus
  2. Tomat+uyah (dikit aja)..nyam-nyam-nyam....

    BalasHapus

Mohon komentarnya dengan bahasa yang sopan, terima kasih atas kunjungannya.