Wisata Museum (Series 4 : Museum Malikussaleh)

 

Museum, berdasarkan definisi yang diberikan International Council of Museums disingkat ICOM, adalah institusi permanen, nirlaba, melayani kebutuhan publik, dengan sifat terbuka, dengan cara melakukan usaha pengoleksian, mengkonservasi, meriset, mengomunikasikan, dan memamerkan benda nyata kepada masyarakat untuk kebutuhan studi, pendidikan, dan kesenangan. Karena itu ia bisa menjadi bahan studi oleh kalangan akademis, dokumentasi kekhasan masyarakat tertentu, ataupun dokumentasi dan pemikiran imajinatif pada masa depan dan sejak tahun 1977 tiap tanggal 18 Mei diperingati sebagai hari Hari Museum Internasional (Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas)

Museum Malikussaleh

Alamat : Jl. Mayjen Tengku Islamiah, Bandahara, Kabupaten Aceh Utara.

Museum ini mengoleksi benda-benda bersejarah peninggalan abad VIII. Museum yang terletak di tengah kota ini menyimpan 500 jenis benda tradisional dan artefak sejarah. Benda tertua di museum ini adalah piring dan mangkok keramik yang ditemukan di kawasan situs purbakala Kerajaan Samudera Pasai, kerajaan Islam tertua di Nusantara. Selain itu, museum juga memiliki koleksi mata uang dirham: mata uang dari emas yang berfungsi sebagai alat pembayaran masa kerajaan Aceh Darussalam. Museum yang dikelola Yayasan Malikussaleh ini pun mengoleksi 1.050 buku, 50 kitab, dan 20 hikayat perang Sabil. Kitab berhuruf Arab Jawou ditulis Tengku Chik Awe Geutah, seorang ulama besar dari Beruen, juga menghiasi museum. Sedangkan 20 hikayat yang terdapat di dalamnya sebagian besar berisi kisah yang menggugah semangat jihad warga Serambi Mekah saat berperang melawan kolonialisme Belanda.
Wisata Museum (Series 4 : Museum Malikussaleh) 4.5 5 Agus Mincom Museum, berdasarkan definisi yang diberikan International Council of Museums disingkat ICOM, adalah institusi permanen, nirlaba, melayani...


3 komentar:

  1. merdeka itu adalah BUJANGAN (tafsir bebas dari lagu Rhoma Irama-Calon Bakal Capes RI)

    BalasHapus
  2. setuju Rhoma atau kada katuju bujangan

    BalasHapus

Mohon komentarnya dengan bahasa yang sopan, terima kasih atas kunjungannya.