17 Mei

 

Tanyalah pada anak muda generasi sekarang di Kalimantan Selatan, apa yang mereka ingat kalau kita sebut "17 Mei", bisa jadi jawaban terbanyak adalah Barito Putera, sebuah klub sepak bola kebangkaan Urang Banjar di Kaliantan Selatan.  Tidak salah memang, 17 mei adalah nama sebuah Stadion Sepak Bola di Jl. Jafri Zamzam Banjarmasin, home base-nya klub sepak bola Barito Putera.

17 mei 1949

Nama 17 Mei diberikan kepada stadion sepak bola di Banjarmasin sebagai penghargaan dan peringatan betapa rakyat Kalimantan Selatan sangat menjunjung NKRI.  Pada tahun 1949 dimana kesatuan negara RI sangat terancam dengan berbagai manuver penjajah Belanda untuk memecah kesatuan RI, rakyat Kalimantan Selatan berani dengan tegas untuk mempaersatukan diri dan mempertahankan kersatuan RI, sebuah pilihan bijak generasi pejuang yang harus dihargai dan dihormati oleh masyarakat Indonesia pada umumnya dan masyarakat Kalimantan Selatan pada khususnya.

Sebagai pengingat kita, dibawah ini adalah teks Proklamasi 17 Mei 1949 yang sangat heroik tersebut:

PROKLAMASI
Merdeka:
Dengan ini kami rakyat Indonesia di Kalimantan Selatan mempermaklumkan berdirinya Pemerintahan Gubernur Tentara dari ALRI melingkungi seluruh daerah Kalimantan Selatan menjadi bagian dari Republik Indonesia, untuk memenuhi isi Proklamasi 17 Agustus 1945 yang ditandatangani oleh Presiden Soekarno dan Wakil Presiden Mohammad Hatta.
Hal-hal yang bersangkutan dengan pemindahan kekuasaan akan dipertahankan, dan kalau perlu diperjuangkan sampai tetes darah yang penghabisan.
Tetap Merdeka!
Kandangan 17 Mei 1949
Atas Nama Rakyat Indonesia di Kalimantan Selatan,
Gubernur Tentara
HASSAN BASRY

17 Mei 4.5 5 eer 86 17 Mei 1949 Tanyalah pada anak muda generasi sekarang di Kalimantan Selatan, apa yang mereka ingat kalau kita sebut " 17 Mei ", bisa jadi jaw...


3 komentar:

Mohon komentarnya dengan bahasa yang sopan, terima kasih atas kunjungannya.