Kakalayu, klayu pilayu kalalyu

 

Nama lokal buah ini di Kalimantan Selatan di sebut sebagai Kakalayu. Buah ini aku temukan di sekitar komplek Unlam (Universitas Lambung Mangkurat) di Banjarbaru dan sekitar makam tuan Guru Abah Anang Jazuli Seman di komplek Ppangeran Antasari Martapura.

Mirip seperti biji kopi tetapi bukan keluarga kopi. Daging buahnya tipis dan rasanya manis sepet. 

Ternyata, antara Jawa dan Borneo dekat saja, kakalayu dan klayu. Mirip khan?

Kalalayu merupakan tumbuhan yang tumbuh di dataran rendah hingga ketinggian 500 mdpl. Lokasi yang disenangi adalah tanah yang gembur dengan kelembaban tinggi. Buahnya yang kecil sangat disenangi burung-burung atau binatang hutan lainnya sehingga bisa tersebar ke tempat lain. Biji tanaman ini mudah tumbuh dan bertunas, asal tanahnya cukup mengandung unsur hara dengan kelembaban tidak terlalu rendah. Dengan syarat tumbuh yang mudah, sebenarnya kalalayu dapat tumbuh di mana-mana. Namun sayangnya pemanfaatan kalalayu masih sedikit karena belum banyak diketahui. Akibatnya buah kalalayu dianggap mempunyai nilai ekonomis rendah sehingga orang enggan membudidayakannya. Selain dimakan, buah kalalayu kadang-kadang juga dibuat mainan. Batangnya yang tidak terlalu besar dapat dimanfaatkan sebagai kayu bakar. Pohon kalalayu juga dapat dipakai sebagai pohon penghijauan. Selain itu dapat dimanfaatkan sebagai pencegah polusi udara kerana dapat mengolah CO2 menjadi Oksigen (O2).




Kakalayu, klayu pilayu kalalyu 4.5 5 Ahmad Faisal Nama lokal buah ini di Kalimantan Selatan di sebut sebagai Kakalayu. Buah ini aku temukan di sekitar komplek Unlam (Universitas Lambung Mang...


2 komentar:

Mohon komentarnya dengan bahasa yang sopan, terima kasih atas kunjungannya.