Wisata Museum (Series 1 : Museum Wasaka)

 

Museum, berdasarkan definisi yang diberikan International Council of Museums disingkat ICOM, adalah institusi permanen, nirlaba, melayani kebutuhan publik, dengan sifat terbuka, dengan cara melakukan usaha pengoleksian, mengkonservasi, meriset, mengomunikasikan, dan memamerkan benda nyata kepada masyarakat untuk kebutuhan studi, pendidikan, dan kesenangan. Karena itu ia bisa menjadi bahan studi oleh kalangan akademis, dokumentasi kekhasan masyarakat tertentu, ataupun dokumentasi dan pemikiran imajinatif pada masa depan dan sejak tahun 1977 tiap tanggal 18 Mei diperingati sebagai hari Hari Museum Internasional (Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas)

MUSEUM WASAKA BANJARMASIN
Jika ada kesempatan berkunjung ke Banjarmasin dan menyantap Soto Banjar Bawah Jembatan (SBJ) di samping jembatan 17 Mei di Banua Anyar maka museum wasaka sudah dapat kita lihat. Tepatnya Museum Wasaka terletak di Jalan Sultan Adam Komplek H Andir, Kampung Kenanga Ulu RT 14 Kelurahan Sungai Jingah, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin. Museum Wasaka ini terletak di tepian sungai, berdampingan dengan kokohnya sebuah jembatan yang panjang lagi besar, yang bernama Jembatan 17 Mei, atau lebih di kenal dengan Jembatan Banua Anyar. Di museum Wasaka yang diresmikan pada 10 November 1991 ini, terdapat kurang lebih 400 benda bersejarah di periode Perang Kemerdekaan. adalah sebuah museum perjuangan rakyat Kalimantan Selatan. Wasaka singkatan dari Waja Sampai Ka Puting yang merupakan motto perjuangan rakyat Kalimantan Selatan. Museum Wasaka bertempat pada rumah Banjar Bubungan Tinggi yang telah dialih fungsikan dari hunian menjadi museum sebagai upaya konservasi bangunan tradisional.Di museum yang dibangun dengan arsitektur khas Banjar ini juga terdapat daftar organisasi yang pernah berjuang menentang pemerintahan penjajah seperti Lasykar Hasbullah yang bermarkas di Martapura, Barisan Pemuda Republik Indonesia Kalimantan yang bermarkas di Banjarmasin, serta yang lainnya. Krmudian ada peta Kalimantan Selatan yang dilengkapi dengan bebera foto masyarakat adat di daerah masing-masing, struktur organisasi perjuangan gerilya Kalsel menuju Pemerintahan Gubernur Tentara ALRI, serta benda-benda bersejarah lain seperti mesin tik kuno, kamera, cermin, dan sebagainya.

Untuk melihat keadaan lingkungan sekitar Museum Wasaka Banjarmasin dapat di lihat pada Video di bawah ini :
Wisata Museum (Series 1 : Museum Wasaka) 4.5 5 Agus Mincom Museum, berdasarkan definisi yang diberikan International Council of Museums disingkat ICOM, adalah institusi permanen, nirlaba, melayani ke...


3 komentar:

  1. nah ini wasaka jua. harus diraih.lanjutkan

    BalasHapus
  2. ICOM = Ini minCOM....huahahahahaha...

    BalasHapus

Mohon komentarnya dengan bahasa yang sopan, terima kasih atas kunjungannya.