Ba-ah atawa Calap

 

Kalsel miliki 552 lokasi bencana banjir


Pengantar, Masih ingat terminologi lokal Kalimantanm Selatan perihal "Banjir". Ya Calap dan Ba-ah. Termasuk didalamnya soal kualitas bukan kuantitas dari "banjir".
Budaya lokal juga mengisyaratkan komunitas yang justeru selalu "memilih" kawasan yang rutin terkena "CALAP" Maka Banjir pendekatannya lebih pada makna sosial, sejatinya juga pada kawasan. 
Banjarmasin (ANTARA News) - Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Wilayah Kalimantan Selatan (DAS Kalsel) dan Kalimantan Tengah (Kalteng) mencatat di Kalsel memiliki 550 lokasi bencana banjir yang harus diwaspadai, terutama pada puncak musim penghujan 2013.

Kepala Seksi Kelembagaan BP-DAS Kalsel, Sutisna, di Banjarmasin, Senin, mengatakan  bahwa jumlah lokasi bencana tersebar pada 82 kecamatan pada 13 kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan.

"Dari 13 kabupaten dan kota, daerah yang paling parah dan rawan terhadap banjir adalah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU)," katanya.

Data tersebut disampaikan Sutisna pada dialog akhir tahun yang diselenggarakan Jurnalis Pena Hijau Indonesia bersama dengan Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat (Kesbanglinmas), BP-DAS, Nadan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) dan Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Kalsel bertema "Kalsel menghadapi tahun bencana".

Menurut Sutisna, banyaknya titik bencana banjir tersebut karena kondisi lingkungan Kalsel yang semakin memburuk, sehingga bencana banjir hampir terjadi dalam setiap tahun, bahkan intensitasnya terus meningkat.

Ba-ah atawa Calap 4.5 5 Ahmad Faisal Kalsel miliki 552 lokasi bencana banjir Pengantar, Masih ingat terminologi lokal Kalimantanm Selatan perihal "Banjir". Ya ...


11 komentar:

  1. Balum lagi mun bandungan pacah... kada kalo lah?

    BalasHapus
  2. titiknya jadi satu tapi gonal

    BalasHapus
  3. mun di HSU/amuntai tu hari2 calap, bila musim hujan calaaab banar.

    BalasHapus
  4. sidin tu mampu menyesuaikan diri wan ke calap an. maka dikenallah Hadangan Kalang

    BalasHapus
  5. Tu ngarannya obat sapuhun

    BalasHapus
  6. Tinggi wan kokoh ilmu pian ni

    BalasHapus
  7. ayuha..air bah jar Jakarta

    BalasHapus
  8. sdh om ae, tp pang bahejen hanyar kw masuk

    BalasHapus
  9. banyak keberhasilan berarti meski dengan usaha yang lebih kuat dan fokus

    BalasHapus

Mohon komentarnya dengan bahasa yang sopan, terima kasih atas kunjungannya.