Hewan Pekerja (Series) 4, Burung Hantu

 

Definisi hewan pekerja adalah hewan yang dimanfaatkan oleh manusia karena kemampuan alamiahnya atau akibat oleh pelatihan. Pengertian ini membatasi hewan yang rajin bekerja tapi untuk dirinya sendiri. Karena kelebihnnya ini hewan tersebut kemudian menjadi sahabat bahkan anggota keluarga dari manusia yang mengambil manfaat dari keberadaannya.

Burung Hantu

Kegemaran atau selera makan dari hewan inilah yang menyebabkan dia terpilih menjadi anggota kelompok hewan pekerja. Kegemaran makan saja tidak cukup rupanya, tikus sebagai mangsa utama juga menjadikan hewan ini dekat dengan kehidupan manusia terutama petani. Tingkat keberhasilannya menangkap tikus paling tinggi. Terbang hamper tanpa suara, mata yang super tajam serta kesamaan waktu yaitu malam hari dengan tikus untuk beraktifitas. Pemberian nama yang seram ini lebih banyak disebabkan oleh dua hal; pertama aktif malam hari dan kedua bentuk mata yang besar dan tajam serta membinar sinar bila terkena sorotan cahaya.

Hewan ini bersuara merdu, sedikitnya demikian penggalam lagu Burung Hantu "Matahari terbenam hari mulai malam. Terdengar burung hantu, suaranya MERDU. Ku ku ku ku".

Hewan in terkenal juga sebagai bintang film (binatang bintang film) Harry Potter, bintang panggung ditampilkan Mr Limbad dan terakhir punya acara sendiri yaitu film Kartun The OWL.

Perkenan kami mengenalkan morfologi hewan mala mini. Sebanyak 222 spesies burung hantu tersebar diseluruh dunia , 13 species diantaranya terdapat di Indonesia. Burung hantu ini memiliki muka rata. Itu disebabkan burung hantu adalah satu-satunya burung yang letak matanya seperti manusia, yaitu mengarah ke depan. Selain itu, burung hantu memiliki kepala yang besar dan bulat, serta mata besar yang melotot tajam. Bulu-bulu burung hantu sangat halus dan ekornya pendek tapi burung hantu memiliki kuku-kuku yang sangat tajam , serta sayap yang lebarnya melebihi tiga kali lebar tubuhnya.
Burung hantu tidak dapat memutar bola matanya. Sebagai gantinya, burung hantu dapat memutar lehernya hingga 180 derjat. Jadi, burung hantu harus memutar kepalanya jika ingin mengikuti gerakan mangsa yang diincarnya. Burung hantu diberi keistimewaan untuk dapat melihat 100 kali lebih peka daripada manusia. Mata dan selaput beningnya sangat besar. Berkat keistimewaan itulah ia dapat melihat dan menangkap mangsanya dengan baik di malam hari.

Nah, saat bekerja di malam hari, burung hantu tidak akan
mengeluarkan suara yang berisik. Karena burung hantu diberi kemampuan untuk dapat terbang tanpa mengeluarkan suara. Hal ini disebabkan sayap burung hantu yang halus seperti kapas. Kemampuan ini tentu saja sangat menguntungkan burung hantu karena mangsa sasarannya tidak akan mengetahui kedatangan burung hantu. Makanya, kita hanya sesekali mendengar suara burung hantu

Kapasitas kerja burung hantu ini 2 – 5 ekor tikus saban hari. Di Kalimantan Selatan jenis jenis burung hantu in dikenal juga dengan nama Katutupi, buak, kulaikulai. Memperhatikan nama local sepertinya diambil dari suara jenis jenis burung tersebut. Oh ya burung ini umumnya bernyanyi bila sudah dapat mangsa.

Hewan Pekerja (Series) 4, Burung Hantu 4.5 5 Ahmad Faisal Definisi hewan pekerja adalah hewan yang dimanfaatkan oleh manusia karena kemampuan alamiahnya atau akibat oleh pelatihan. Pengertian ini ...


3 komentar:

Mohon komentarnya dengan bahasa yang sopan, terima kasih atas kunjungannya.