hewan pekerja (Series) 8, Keledai

 


Definisi hewan pekerja adalah hewan yang dimanfaatkan oleh manusia karena kemampuan alamiahnyaatau akibat oleh pelatihan. Pengertian ini membatasi hewan yang rajin bekerjatapi untuk dirinya sendiri. Karena kelebihnnya ini hewan tersebut kemudianmenjadi sahabat bahkan anggota keluarga dari manusia yang mengambil manfaat dari keberadaannya.

INI KELEDAI

Kedelai tidak lah sama dengan keledai. Hanya karena kedua penggalan kata ini sangat sering kita dengar maka pengucapannya mudah terbolak balik. Keledai bisa makan kedelai. Maaf, keledai adalah hewan sedangkan kedelai adalah tumbuhan. Hewan keledai ini selayaknya keluarga kuda – jebra juga memakan tumbuhan.

Hewan pekerja ini sangat dekat dengan kehidupan manusia,  sejak ratusan bahkan mungkin ribuan tahun yang lalu.  Berbagai idium tentang keledai dan manusia mudah kita kutip. " dungu seperti keledai".  Namun ada juga para ahli yang menyatakan ternyata hewan ini memiliki daya ingat – istilah kerennya 'inteleginsia' cukup tinggi.  Pembuktian hal ini cukup mudah yaitu  hewan ini dapat kembali kepada tuannya  dari jarak yang cukup jauh.

Keledai (Equus asinus) adalah hewan  mamalia dari keluarga Equidae. Merupakan hewan atau binatang jinak yang digunakan untuk membantu kita – manusia pada bidang bertransportasi dan kerja lain, seperti menarik kereta kuda eh keledai maupun membajak ladang dan lahan pertanian.

Keledai bisa memiliki anak campuran dengan kuda. Anak kuda betina dan keledai jantan disebut bagal. Anak keledai betina dan kuda jantan disebut hinny. Bagal lebih umum, dan telah digunakan untuk transportasi manusia dan benda.

Morpologi hewan ini lebih kecil bila disandingkan dengan kuda. Tapi sifat jinak dari makhluk ini menjadi nilai tambah terhadap kekurangan pada kekuatan tubuhnya.

Ada juga persamaan antara KEDELAI yang tumbuhan dengan KELEDAI yang hewan atau binatang ini. Keduanya masih produk import. Ditenggarai negeri ini agraris dengan dua musim berlimpah sinar matahari dan guyuran air hujan.
hewan pekerja (Series) 8, Keledai 4.5 5 Wasaka Satu Definisi hewan pekerja adalah hewan yang dimanfaatkan oleh manusia karena kemampuan alamiahnyaatau akibat oleh pelatihan. Pengertian ini ...


1 komentar:

Mohon komentarnya dengan bahasa yang sopan, terima kasih atas kunjungannya.