Hewan Pekerja (series) 10, Kerbau

 

Definisi hewan pekerja adalah hewan yang dimanfaatkan oleh manusia karena kemampuan alamiahnya atau akibat oleh pelatihan. Pengertian ini membatasi hewan yang rajin bekerja tapi untuk dirinya sendiri. Karena kelebihnnya ini hewan tersebut kemudian menjadi sahabat bahkan anggota keluarga dari manusia yang mengambil manfaat dari keberadaannya.

KERBAU

Kita mengenal hewan ini sebagai makhluk hidup yang menyukai air. Karenanya Kerbau lebih dekat dengan kehidupan petani. Sering juga disebut kerbau air (water bufallo) nama latinya adalah Bubalis arnee. Meskipun tersebar diseluruh dunia, kerbau 95% lebih berada di Asia, mungkin berkenaan dengan negara negara ini ada banyak penduduknya bertani – agraris.
Manusia melatih hewan pekerja ini untuk memanfaatkan tenaganya sebagai penarik kereta walau kalah terkenal dibandingkan kuda dan keledai. Penarik bajak sawah dan khusus di Kalimantan, kerbau juga dapat menjadi tenaga penarik kayu balokan. Untuk kegiatan yang satu ini makin berkurang seiring dengan habisnya kayu di hutan hutan. Tanduk kerbau dikoleksi di Tanah Toraja, satu kabupaten kawasan dataran tinggi di Sulawesi Selatan. Tanduk ini didapat dari persembahan Kerbau dalam suatu upacara adat untuk para leluhur. Kerbau bule atau albino ternyata dipandang lebih bermaruah, namun sesungguhnya tanduk kerbau berwarna sama.

Kerbau Rawa (Swam Bufallo) sangat penting di Kabupaten Hulu Sungai Utara karena selain penghasil daging sebagai sumber protein hewani juga mulai dipromosikan untuk pariwisata. Kerbau rawa dengan sistem pemeliharaan di tengah tengah rawa monoton yang terendam air lebih dari 7 bulan dalam setahun. Sebutan yang mulai diperkenalkan adalah Kerbau Kalang.
Bahasa Banjar menyebut Kerbau adalah Hadangan bahkan sering terdengar seperti hidangan. Hadangan ini juga banyak ditemukan di kawasan rawa kabupaten Banjar. Kami juga menemukan kerbau atau hadangan ini dipergunakan sebagai jembatan hewan. Atau lebih tepatnya kita menyeberangi sungai berarus deras di desa Belangian Kecamatan Aranio Kabupaten Banjar dengan menaiki punggung hewan pekerja ini. Petualangan ini akan kita nikmati diperjalanan untuk menuju air terjun Lembah Kahung.
Kerbau Rawa atau Hadangan ini dapat mencapat bobot 900 kg dengan panjang hampir 3 meter.
Hewan Pekerja (series) 10, Kerbau 4.5 5 Wasaka Satu Definisi hewan pekerja adalah hewan yang dimanfaatkan oleh manusia karena kemampuan alamiahnya atau akibat oleh pelatihan. Pengertian ini me...


2 komentar:

  1. jadi salah satu kelebihan hewan ini adalah..."Bisa berenang" bang lah.... si hadangan ini...

    BalasHapus
  2. Mungkin takutan mati jua pang sambil Jodi berkunyunglah dia.

    BalasHapus

Mohon komentarnya dengan bahasa yang sopan, terima kasih atas kunjungannya.