Hewan Pekerja (Series) 12, Musang

 

Definisi hewan pekerja adalah hewan yang dimanfaatkan oleh manusia karena kemampuan alamiahnya atau akibat oleh pelatihan. Pengertian ini membatasi hewan yang rajin bekerja tapi untuk dirinya sendiri. Karena kelebihnnya ini hewan tersebut kemudian menjadi sahabat bahkan anggota keluarga dari manusia yang mengambil manfaat dari keberadaannya.

MUSANG

Dalam Peribahasa hewan ini cukup terkenal yaitu "musang berbulu ayam". Gambaran bahwa musang pada era awal budaya Nusantara belumlah dipandang sebagai hewan pekerja. Perkembangan zaman bergerak liar – ilmu dan teknologi digabungkan dengan gagasan kreatif dan kekuatan promosi menempatkan musang menjadi salah satu hewan pekerja. Bukan karena musangnya menjadi lebih pandai seluruhnya hanya karena factor manusia " sang khalifah fil ardh"

Agar tidak terkesan menantang pepatah atau peribahasa di atas maka kita kenalkan musang sebagai LUWAK.

Luwak ternyata bukan saja pemakan daging ayam, tapi juga menyukai buah buahan salah satunya kopi. Pengetahuan ini dipadukan dengan kenyataan bahwa kopi merupakan bahan minuman yang mendunia dibumbui hasil uji rasa dan kandungan jadilah kopi luwak. Menurut berbagai sumber harganya sangat mahal. Saking mahalnya maka ditawarkan dalam kemasan ukuran gram saja bukan kilogram. Yaitu diatas 1 juta per kilo untuk kopi luwak yang telah diolah.

Cara mendapatkan kopi luwak – buah kopi diseleksi sang hewan pekerja kita musang alias luwak. Sejak lama diyakini (hasil pengamatan petani kopi bahwa luwak hanya mau memakan biji kopi terpilih; tingkat kematangannya terutama; karena luwak tidak peduli akan jenis robusta atau Arabica bahkan yang tanpa kejelasan jenis) luwak melakukan seleksi ketat pada buah kopi, lalu dimakan dalam hal ini daging buah saja yang terurai. Masuk saluran pencernaan luwak dan disimpan disana samapai kemudian dibuang dalam bentuk kotoran. Selama penyimpanan dalam saluran pencernaan ini disebutkan terjadi fermentasi yang mengubah komposisi kandungan kopi sehingga menjadi bersahabat bagi semua orang (mengurangi kekhawatiran karena pantangan).

Jadi hewan ini bekerja dengan tingkat keikhasan paling tinggi – bila kita bayangkan betapa kita sangat ikhlas buang hajat.

Produktivitas luwak sebagai pekerja adalah 30, 7 gram tiap hari.

Hewan Pekerja (Series) 12, Musang 4.5 5 Ahmad Faisal Definisi hewan pekerja adalah hewan yang dimanfaatkan oleh manusia karena kemampuan alamiahnya atau akibat oleh pelatihan. Pengertian ini me...


5 komentar:

  1. Nah lawas di hadang.. akhirnya muncul series dengan tingkat keikhlasan sebagai khasnya berikutnya...

    BalasHapus
  2. hewan berikutnya sakit banar

    BalasHapus
  3. minuman 'tahi' nang larang sampai 100 rb jar sa cangkir. hukumnya pang kira2 apalah?

    BalasHapus
  4. Pelukah dokter hewan??!!atau hewan yg kawa jadi dokter.?

    BalasHapus
  5. wah kita dibodohi sama musang, disuruh minum kotorannya dihargai 100rb

    BalasHapus

Mohon komentarnya dengan bahasa yang sopan, terima kasih atas kunjungannya.