Hewan Pekerja (Series) 15, Lebah Madu

 

HEWAN PEKERJA (Series)

Definisi hewan pekerja adalah hewan yang dimanfaatkan oleh manusia karena kemampuan alamiahnya atau akibat oleh pelatihan. Pengertian ini membatasi hewan yang rajin bekerja tapi untuk dirinya sendiri. Karena kelebihnnya ini hewan tersebut kemudian menjadi sahabat bahkan anggota keluarga dari manusia yang mengambil manfaat dari keberadaannya.

LEBAH MADU

A. Madu

Sebagai serangga, ia mempunyai tiga pasang kaki dan dua pasang kepak. Lebah membuat sarangnya di atas bukit, di pohon kayu dan pada atap rumah. Sarangnya dibina daripada lilin yang terdapat dalam badannya. Lebah memakan madu bunga dan debu bunga.

Dalam sesuatu kelompok, lebah dapat dibahagikan kepada tiga kasta, iaitu:

  • lebah ratu; lebah betina boleh bertelur
  • lebah pekerja; lebah betina tidak boleh bertelur; dan
  • lebah jantan.

Setiap jenis lebah mempunyai tugas masing-masing.

Ratu lebah mengawal keseluruhan kegiatan koloni lebah. Badannya lebih besar kerana pada peringkat larva ia diberi makan jeli raja yang kaya dengan khasiat. Tugas utamanya ialah bertelur. Lebah ratu yang aktif mampu bertelur kira-kira 2,000 biji sehari. Jangka hayat ratu lebah ialah 3 tahun.

Lebah pekerja (betina) mengumpul debunga dan manisan yang kemudian akan ditukarkan menjadi madu (oleh lebah pekerja) untuk lebah ratu dan anak lebah. Ada juga lebah betina yang bertugas membersihkan sarang dan menjaga anak-anak lebah. Jangka hayat lebah pekerja ialah 3 bulan atau lebih sedikit.

Lebah jantan bertugas mengawin dengan lebah ratu dan akan mati sebaik-baik sahaja selepas mengawin.

Madu dan lebah memiliki keistimewaan yang luar biasa sehingga tercantum dalam surat tersendiri di dalam Al-Quran. Kajian khasiat madu secara ilmiah juga telah diteliti oleh ilmuwan Muslim terkemuka di era keemasan Islam, yakni Ibnu Sina (890-1037). Bapak kedokteran dunia dan pemikir muslim agung di abad ke-10 M itu tercatatat sebagai dokter yang mengulas mengenai khasiat madu dari segi kesehatan dan dunia kedokteran.

Sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Quran surah An-Nahl ayat 69 :

"Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda kebesaran Tuhan bagi orang yang memikirkan." [QS. An-Nahl : 69]

Untuk menentukan madu asli atau tidak ada beragam cara. Salah satunya adalah dengan mencelupkan pentol korek api ke dalam madu. Bila masih dapat dinyalakan katanya "asli". Sebagai tambahan info air the manis pernah penulis celupkan pentol kprek api lalu goreskan dan ternyata menyala. Kesimpulannya?

B. Propolis (besok ya!)

Hewan Pekerja (Series) 15, Lebah Madu 4.5 5 Ahmad Faisal HEWAN PEKERJA (Series) Definisi hewan pekerja adalah hewan yang dimanfaatkan oleh manusia karena kemampuan alamiahnya atau akibat oleh pel...


6 komentar:

  1. Selamat aja nah atas munculnya series ini dan sukses buat "air the manis"..

    BalasHapus
  2. Besok?, iyaaa ditunggu ya..

    BalasHapus
  3. the/teh manisnya asli ya Om, semangkin saja ...

    BalasHapus
  4. tul zaydan nai asli jua sakalinya

    BalasHapus
  5. Pinanya madu yang asli tu nyaman aja dicari..tinggal cari madu palsu..mkn itu yg lebih berkhasiat.

    BalasHapus

Mohon komentarnya dengan bahasa yang sopan, terima kasih atas kunjungannya.