Menuju WIRAUSAHAWAN

 

PRIBADI SUKSES
Gambaran dari makna sukses sungguh subjektif sehingga memunculkan banyak tafsir yang variatif. Perbedaan dimulai dari definisi sampai pada kreteria atau tolak ukurnya. Ada faham sebagian dari kita bahwa kesuksesan berarti mencapai posisi tertinggi di kantor, variasi lainnya bermakna memiliki kecukupan finansial tertentu. Ada sebagian lagi mewujudkan kesuksesan sebagai sebuah predikat penghargaan dari kolega dan khalayak atas prestasinya. Dari bermacam definisi dan tolok ukur itu, satu hal yang dapat disimpulkan bahwa kesuksesan merupakan pencapaian impian melalui sebuah proses terstruktur dan terencana.
Kita ambilkan contohnya, si A mendefinisikan sukses jika dia mampu mencapai manajer pemasaran di tempat kerjanya. Usaha untuk "memuluskan" kesuksesan tersebut, A memutuskan untuk belajar kembali di institusi pendidikan S2 dan mengikuti beberapa seminar pemasaran. Tentu saja, banyak hal yang perlu dipersiapkan, baik itu material dan sikap pribadinya. Bentuk material berupa dana dan waktu merupakan hal yang pasti harus dipersiapkan, lalu perlu juga ditunjang dengan sikap pribadi dalam menyikapi proses pencapaian kesuksesan itu sendiri.
Merujuk kepada Jennie S. Bev yaitu seorang konsultan, entrepreneur, penulis dan edukator bertempat tinggal di San Francisco Bay Area dan merupakan seorang Indonesia yang "sukses" berkompetisi pada iklim "ketat" Amerika. Beliau mengedepankan 10 unsur kepribadian seorang sukses (baik dari segi keuangan dan prestasi) yang berdasarkan pada komunikasi dan pergaulannya dengan para billionaire dan beberapa pengusaha sukses.
10 sikap itu adalah sebagai berikut :
1)Keberanian untuk berinisiatif. 2)Tepat waktu. 3)Senang melayani dan memberi
4)Membuka diri terlebih dahulu. 5)Senang bekerja sama dan membina hubungan baik
6)Senang mempelajari hal-hal baru. 7)Jarang mengeluh. 8)Berani menanggung resiko.
9)Berpikir positif setiap saat. 10)"Comfortable in their own skin"
Menuju WIRAUSAHAWAN 4.5 5 Ahmad Faisal PRIBADI SUKSES Gambaran dari makna sukses sungguh subjektif sehingga memunculkan banyak tafsir yang variatif. Perbedaan dimulai dari de...


4 komentar:

  1. Salam sukses..buat "kita"

    BalasHapus
  2. sukses adalah saat kita bisa memberi manfaat yang baik bagi orang sekeliling kita, sebagai apapun peran/profesi kita, jar ku

    BalasHapus
  3. Setuju. kita akan masukan sebagai definisi juga.

    BalasHapus
  4. mohon ijin, akan kita uari atu atu sepuluh point ini ya?

    BalasHapus

Mohon komentarnya dengan bahasa yang sopan, terima kasih atas kunjungannya.