Selaras kan GRES dengan Petani

 

"Ekonomi syariah telah ada jauh sebelum NKRI terbentuk, konsep bagi hasil sudah dikenal melalui konsep maparuh, mapat, mengandung nilai keuangan syariah, dengan demikian, sistem ekonomi syariah akan diterima oleh masyarakat," ujar SBY saat mencanangkan Gerakan Ekonomi Syariah (Gres) di Silang Monas Jakarta, Minggu (17/11).

 Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengakui salah satu tantangan dalam pengembangan ekonomi berbasis syariah adalah masih rendahnya pemahaman masyarakat tentang konsep ekonomi syariah. Padahal, konsep ekonomi ini sudah ada jauh sebelum Indonesia merdeka.

Maka beranjak dari akar sejarah, pertanian dan petani di Kepulauan Nusantara ini juga warisan nenek moyang. 

Bisakan kedua warisan ini saling disinergikan? 

Nampaknya tantangan ini sama nasibnya dengan perlakuan kita pada petani meskipun tak bisa dipungkiri bahwa bangsa ini adalah bangsa AGRARIS


Selaras kan GRES dengan Petani 4.5 5 Ahmad Faisal "Ekonomi syariah telah ada jauh sebelum NKRI terbentuk, konsep bagi hasil sudah dikenal melalui konsep maparuh, mapat, mengandung nilai...


4 komentar:

  1. pasti bisa...tergantung usaha dan kemauan..(siapa ya!?) petani dan pemegang kebijakan mungkin.

    BalasHapus
  2. Sebelum bijak dan kebijakan, apa yang patut kita kerjakan ?

    BalasHapus
  3. Bank konvensional memahami berutang sekarang, bulan depan cicil. Ini tak pernah cocok dengan petani dan pertanian. Mereka butuh waktu "grace periode"

    BalasHapus
  4. Aku dapat kunjungan dari bank berbasis syariah, ada hubungannya dengan artikel ini?

    BalasHapus

Mohon komentarnya dengan bahasa yang sopan, terima kasih atas kunjungannya.