Kopi antara menyehatkan dan ketagihan

 

Banyak ahli mengatakan, konsumsi kopi (masih akan) memberikan banyak manfaat bagi kesehatan sejauh tidak melebihi 5 cangkir perhari. Pada takaran ini, kandungan antioksidan dalam kopi bisa membantu mencegah kanker dan juga memelihara fungsi otak agar tidak cepat pikun.

Namun jika konsumsi kopi sudah melebihi 5 cangkir apalagi sampai kecanduan, maka dampak negatifnya akan mulai muncul dan menutupi manfaatnya. Beberapa orang akan mengalami jantung berdebar, gelisah dan juga kadang-kadang lambungnya bermasalah karena tidak kuat dengan keasamannya.

Kopi adalah produk yang telah bisa ditanam, dipanen dan diolah oleh petani Indonesia. Bahkan melalui upaya kerjasama dengan Musang sang luwak telah pula didapat nilai tambah. Karenanya jangan meragukan bahwa kopi sangat baik untuk dikonsumsi bukan saja karena memang ada kandungan yang bermanfaat. Tapi juga disebabkan usaha untuk menjaga kemandirian bangsa. 
Kopi antara menyehatkan dan ketagihan 4.5 5 Ahmad Faisal Banyak ahli mengatakan, konsumsi kopi (masih akan) memberikan banyak manfaat bagi kesehatan sejauh tidak melebihi 5 cangkir perhari. Pada ta...


4 komentar:

  1. Kopi: antara kemandirian dan subsidi

    BalasHapus
  2. ambil yang baiknya tinggal yang buruknya

    BalasHapus
  3. kalo sampe lebih dari 3 kopi cangkir sehari mah cari penyakit

    BalasHapus

Mohon komentarnya dengan bahasa yang sopan, terima kasih atas kunjungannya.