Khas Borneo Island

 

MINYAK KUYANG
Minyak Kuyang atau minyak kawiyang adalah salah satu bentuk  ilmu hitam di Borneo - Kalimantan . Hingga saat ini, asal minyak kuyang tidak diketahui asalnya, karena tiap wilayah di Kalimantan memiliki "produksi" sendiri. Yang terkenal adalah "produksi" dari pegunungan Kinabalu (pedalaman Kalimantan Utara, Malaysia Timur), walaupun terdapat juga di banyak wilayah Kalimantan Timur.

Minyak kuyang biasanya ditempatkan secara khusus  dalam sebuah guci kecil yang dikenal dengan nama cupu. Cupu inipun bukan sembarang cupu, karena harus cupu yang "retak seribu" alias cupu yang telah berusia puluhan bahkan ratusan tahun. Penampilan cupu retak seribu sangat mudah dikenali yaitu dari penampilan fisik dengan goresan seperti retak dengan jumlah dan arah yang semrawut tak terhitung sehingga disepakati retaknya seribu.
 
Nama Cupu mungkin berasal dari kata Cup dalam bahasa Inggeris karena memang bentuknya seperti piala yang terbuat dari bahan keramik yang tentu saja mudah pecah
.
Kebanyakan yang belajar ilmu minyak kuyang  ini adalah para wanita. Tujuan utama adalah untuk tetap cantik dan awet muda. Sebagai minyak untuk awet muda. Caranya, minyak Kuyang  tersebut dipoleskan di leher, kemudian leher yang telah dioles minyak kuyang ini akan terlepas dari raga pemiliknya dan terbang mencari korban untuk dihisap darahnya. Biasanya korban yang dicari adalah wanita yang akan melahirkan. Karena darah yang keluar dari proses persalinan akan mengeluarkan darah yang banyak.   

Peristiwa lepasnya kepala sampai leher ini terjadi pada malam hari. Bahkan di kampong penulis bila ada cahaya yang bergerak datar – tidak seperti bintang  atau benda angkasa jatuh terlihat dari atas ke bawah maka dipahami sebagai Kuyang. Badan  wanita pengguna minyak kuyang ini diyakini berada di rumahnya dengan posisi berdiri, biasanya dekat pintu yang apabila daun pintu dibuka maka akan tertutup.
Kondisi ini mungkin dapat menjelaskan asal muasal dikenalnya minyak kuyang ini sebagai berikut" ketika jaman dahulu pernah hidup seorang janda cantik dengan empat orang saudaranya, dengan nama Camariah, Dandaniah, Tambuniah dan Uraniah. Kecantikan paras wanita ini semakin lama semakin bertambah cantik, namun tidak ada satupun para lelaki yang langgeng membina rumahtangga dengan mereka. Karena setiap kali dinikahi, tak berapa lama pasti akan bercerai".

Jika ada orang yang dicurigai memiliki ilmu kuyang ini, seperti cerita mistik lainnya.  Kupas saja bawang sebanyak-banyaknya, kemudian kulitnya dibakar. Dijamin sang pemilik ilmu hitam ini akan memohon untuk tidak mengupas dan membakar kulit bawang lagi karena air mata mereka akan bertetesan. Sedangkan manusia normal pun bila mengupas bawang merah cukup banyak akan mengeluarkan air mata.

Nama lain dari minyak Kuyang ini adalah Minyak Kawiyang,atau  Minyak Sumbulik. Tersedia dalam lima warna berbeda dengan spesipikasi tersendiri yaitu hitam,  hijau, putih, Kuning dan merah. Agar minyak kuyang tidak habis secara fisik dan daya mistiknya maka setiap tahun dilakukan kegiatan yang disebut 'pemberian makan". yang khusus untuk tiap warnanya.

Khas Borneo Island 4.5 5 Ahmad Faisal MINYAK KUYANG Minyak Kuyang atau minyak kawiyang adalah salah satu bentuk  ilmu hitam di Borneo - Kalimantan . Hingga saat ini, asa...


4 komentar:

  1. sayang minyak kuyang balum terdaftar di BPOM jadi kada bisa dijual eceran

    BalasHapus
  2. hah.. dimana pulang sidin dapat bahan?

    BalasHapus
  3. tu Bb; kita asli banua, tu err; BPOM singkatannya adalah Balai Pelestarian Oesaha Magik.

    BalasHapus
  4. Mantap Om, khas-nya bangat. Lanjutkan Om infonya tentang perminyakan lainnya.

    BalasHapus

Mohon komentarnya dengan bahasa yang sopan, terima kasih atas kunjungannya.