Hewan Penanda-Ayam Kampung

 

Kehidupan liar hampir pasti membentuk hewan ini mengeluarkan segenap kemampuannya. Kemampuan ini biasa juga disebut indera  keenam. Maka boleh kita beri batasan bahwa hewan penanda kita ini adalah hewan bukan peliharaan. Hewan liar yang hidup bebas lalu perilakunya kemudian dipahami oleh manusia sebagai tanda atau peringatan umumnya untuk adanya kejadian alam yang luar biasa seperti bencana alam tsunami atau meletusnya Gunung berapi, banjir dan lainnya.

Hewan yang makin hari hari makin elitis sebagai bahan pangan sumber protein ini dapat menjadi penanda pada kejadian alam berupa hujan.
Hidroorologi melihat curah hujan dalam beberapa istilah, Sering atau rancaknya turun hujan dalam kurun waktu tertentu adalah frekuensi hujan. Misalnya dalam sehari ada dua kali hujan maka frekuansei hujan pada hari itu adalah dua.
Lama atau lawasnya hujan dalam sekali turun dikenal dengan juga dengan lama hujan dan dalam kurun waktu tertentu dapat kembali lagi hujan maka adapula sebutan durasi hujan.
Deras atau tidaknya hujan dalam suatu kejadian hujandan pada kurun waktu tertentu misalnya satu jam disebut intensitas hujan. Meskipun proses hujan sendiri sering dimulai dari gerimis-hujan sedang-hujan deras lalu hujan badai, lalu kembali lagio dan berhenti.  Namun dapat juga hujan deras dan atau lainnya tanpa gerimis, atau gerimis saja tanpa hujan sedang sekalipun.
Hewan penanda kita biasanya bermanfaat untuk peristiwa apakah sebuah kejadian  hujan (sedang atau lebat) akan berlangsung lama atau sebentar. Kalau gerimis biasanya diabaikan toh kita tak akan basah kuyup.
Bila ayam kampung ini saat hujan tetap pergi mencari makan maka hujan akan berlangsung lama setidaknya lebih dari satu jam.
Maka jika agak mendesak, biarlah sedikit basah tapi urusan dan janji dapat terpenuhi. Selamat berhujan hujan dan siapkan mantel anti air hujan.
Hewan Penanda-Ayam Kampung 4.5 5 Ahmad Faisal Kehidupan liar hampir pasti membentuk hewan ini mengeluarkan segenap kemampuannya. Kemampuan ini biasa juga disebut indera  keenam. Ma...


3 komentar:

  1. Dgn rasa bangga, ane orang pertama yg memberi komentar..anak ayam turun sejuta di bom atom mati semua...

    BalasHapus
  2. burung elang yg terbang berputar-putar diatas suatu kampung sambil berbunyi melengking itu juga pertanda adanya orang yg atau akan meninggal dikampung tsb, jar ...

    BalasHapus
  3. yup, kita lengkapi makna sikap hewan-hewan, tks

    BalasHapus

Mohon komentarnya dengan bahasa yang sopan, terima kasih atas kunjungannya.