Khas Kalimantan - Borneo Indonesia

 

Masyarakat Kaltim minta kesultanan Kutai ikut Pilgub
Ayo Bangun  
Samarinda (ANTARA News) - Masyarakat yang menamakan diri Forum Masyarakat Kalimantan Timur Untuk Perubahan, meminta salah seorang pangeran dari kesultanan Kutai Kartanegara agar ikut mencalonkan diri sebagai Gubernur Kaltim periode 2013-2018.

"Kami berharap, salah satu pangeran dari kesultanan Kutai Kartanegara ikut meramaikan bursa pemilihan Gubernur Kaltim pada September 2013," kata Koordinator Forum Masyarakat Kaltim Untuk Perubahan, Habil Ngewa, kepada pers usai melakukan silaturahmi dengan kesultanan Kutai Kartanegara, Senin.

"Kami menilai, sosok atau figur dari kalangan kesultanan Kutai sangat ideal memimpin Provinsi Kaltim lima tahun ke depan sebab sejauh ini, kami belum melihat adanya komitmen dan keseriusan pemerintah dalam membangun apalagi punya komitmen serius terhadap kebudayaan di Kaltim," katanya.

Selain dari Forum Masyarakat Kalimantan Timur, Barisan Pemuda Kaltim, sejumlah paguyuban di Kukar serta Himpunan Mahasiswa Perbatasan juga turut mendukung munculnya figur Calon Gubernur Kaltim dari kesultanan Kutai Kartanegera.

Silaturami yang berlangsung di kedaton kesultanan Kutai Kartanegara tersebut berlangsung Senin (28/1).

Kedatangan mereka disambut langsung Menteri Sekretaris Keraton Kesultanan Kutai Ing Martadipura, Haryanto Bachroel yang juga bergelar HAP Gondo Prawiro.

"Maksud silaturahmi kami ke kedaton ini hanya ingin memohon agar pihak kesultanan ikut melibatkan diri dalam hajatan di Kaltim, khususnya dalam Pilgub Kaltim mendatang," kata Habil Ngewa

"Kami bersepakat untuk menyatukan visi dengan mendatangi keraton untuk mengadu segala problematika di Kaltim," ujarnya.

Dia berharap, ada pangeran dari kesultanan Kutai ikut ambil bagian dalam pilgub 2013 demi perubahan Kaltim ke depan yang bisa membawa kepada kemakmuran.

"Kami mengharapkan pemimpin lahir dari keraton kesultanan Kutai. Sudah saatnya ada perubahan yang datang dari keraton kesultanan Kutai dan bisa berkaca pada Yogyakarta yang dipimpin oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X yang notabene berasal dari keraton. Bukan tak mungkin pula, pihak kesultanan Kutai bisa melahirkan seorang pemimpin untuk Kaltim ke depan," ungkap Juru Bicara Barisan Pemuda Semarang Kaltim, Supratono.

Haryanto Bachroel menyambut baik keinginan sejumlah elemen masyarakat, namun menurutnya hal itu dikonsolidasikan dengan pihak kesultanan. (A053/E008)
Editor: B Kunto Wibisono
Khas Kalimantan - Borneo Indonesia 4.5 5 Ahmad Faisal Masyarakat Kaltim minta kesultanan Kutai ikut Pilgub Ayo Bangun    Samarinda (ANTARA News) - Masyarakat yang menamakan diri Forum ...


6 komentar:

  1. patut untuk dilaksanakan; biar rakyat banyak punya pilihan.

    BalasHapus
  2. Kesultanan banjar?? jadi pertimbangan..

    BalasHapus
  3. Kada setuju... pemimpin itu terbentuk dari pendidikan dan pengalaman yang baik bukan dari keturunan

    BalasHapus
  4. keturunan nang berpendidikan pang dimapa am tu Om

    BalasHapus
  5. Akur ja kita comtoh KhulafaurRasyidin dipilih karena kemampuannya bukan ketoronan.. ya kalo om Bil?

    BalasHapus
  6. pertama janji pemimpin yang diharapkan adalah " Demi Allah dan Rasul-Nya", bukan demi rakyat. Mun ada nang darah hijau pang

    BalasHapus

Mohon komentarnya dengan bahasa yang sopan, terima kasih atas kunjungannya.