Khas BORNEO

 

SULU di Sabah
Sebisanya kita uraikan logika terjadinya perselisihan  yang membawa korban jiwa ini. Secara letak Geografis, maka Utara Borneo ini memang berbatasan langsung dengan Philippina  pada laut Sulu. Jadi Nort Borneo berbatasan dengan Selatan Philippina . Laut Sulu ini bersambung dengan Laut Sulewesi (Celebes  Sea).
Daratan Borneo ini pada bagian selatan berbatasan dengan Kabupaten Nunukan Kalimantan Timur dan segera menjadi Kalimantan Utara.
Kesan nama Sulu pada nama laut itu memunculkan nilai Suku dan Kesultanan Sulu yang sudah tercatat pada peta dunia.
Kelompok suku Filipina bersenjata yang mengklaim diri sebagai pengikut Kesultanan Sulu di Filipina selatan.
100 warga Filipina yang mengasingkan diri di negara bagian Sabah, Malaysia timur, selama lebih dari dua pekan terakhir.
Konfrontasi itu mengancam meningkatnya ketegangan antara Filipina dan Malaysia, karena hubungan dua negara secara periodik dilanda masalah-masalah keamanan dan migrasi di sepanjang perbatasan laut.
Kelompok bersenjata itu menuntut pengakuan dari Malaysia dan merundingkan kembali ketentuan-ketentuan asli tentang Sabah yang disewakan oleh Kesultanan Sulu itu kepada satu perusahaan dagang Inggris pada abad ke-19.
Suasana pemanasan yang mahal bagi persiapan Pilihan Raya di Malaysia bulan Maret - April 2013 mendatang.
Khas BORNEO 4.5 5 Ahmad Faisal SULU di Sabah Sebisanya kita uraikan logika terjadinya perselisihan  yang membawa korban jiwa ini. Secara letak Geografis, maka Utar...


5 komentar:

Mohon komentarnya dengan bahasa yang sopan, terima kasih atas kunjungannya.